Buka Rembug Utama KTNA Nasional, Gubernur Mahyeldi Sampaikan Komitmen Pemprov Sumbar untuk PENAS XVI KTNA

Buka Rembug Utama KTNA Nasional, Gubernur Mahyeldi Sampaikan Komitmen Pemprov Sumbar untuk PENAS XVI KTNA

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 09 Juni 2023 18:16:54 WIB


PADANG -- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menilai Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2023 memiliki peran strategis dalam membantu memajukan sektor pertanian nasional yang 

tantangannya semakin besar kedepan.

Hal ini disampaikan Gubernur Mahyeldi saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara Rembug Utama KTNA Nasional di Auditorium UNP, Jumat (9/6/2023).

Gubernur Mahyeldi juga menyebut, acara PENAS XVI kali ini merupakan bentuk kepercayaan pemerintah pusat dan KTNA kepada Prov. Sumbar.

"Mengingat pentingnya kegiatan ini, kami selaku tuan rumah akan berupaya maksimal untuk mensukseskan acara. Kami juga berkomitmen untuk menjadikan PENAS Tani di Sumbar sebagai Penas terbaik," kata Gubernur Mahyeldi.mp

Selanjutnya Mahyeldi mengaku, Pemerintah Provinsi Sumbar memberi perhatian besar terhadap pengembangan sektor pertanian, hal tersebut terlihat dari pengalokasian 10 persen anggaran untuk mendukung sektor pertanian.

"Semua itu, bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sektor pertanian di Sumbar, kita ingin kesejahteraan petani dan nelayan dapat semakin membaik kedepannya," kata Gubernur Mahyeldi.

Melalui KTNA kita berharap akan lahir berbagai inovasi dan teknologi dalam pengembangan sektor pertanian, serta pendampingan terhadap petani pemula.

"Petani dan Nelayan makmur, Indonesia pasti maju. Maka dari itu mari kita satukan tekad, untuk menjadikan lndonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045," ucapnya.

Selain itu, Gubernur Mahyeldi juga mengajak KTNA untuk saling mengisi dalam upaya memperkuat sektor agribisnis di Indonesia.

"Kehadiran banyak tokoh dan praktisi pertanian dalam satu momen, merupakan kesempatan berharga yang harus dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Prov. Sumbar Hansastri juga menyampaikan, KTNA sebagai organisasi yang profesional yang menjadi wadah bagi para petani dan nelayan mesti menunjukkan kontribusi positifnya untuk pengembangan sektor pertanian nasional.

"Mari kita jadikan organisasi KTNA menjadi organisasi profesi yang manfaat keberadaannya dapat dirasakan lansung oleh para petani dan nelayan," himbau Hansastri.

Ia menegaskan, penyelenggaraan PENAS KTNA XVI harus berjalan dengan sukses karena ini adalah momen penting untuk sektor pertanian dan akan dihadiri oleh puluhan ribu petani nelayan dari seluruh Indonesia.

"Mari kita jadikan momentum Penas Tani 2023 sebagai ajang untuk saling menguatkan demi kemajuan sektor pertanian Indonesia," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum KTNA Nasional, Gubernur Sumsel, Kadis Perkebuhan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar dan kepala OPD lainnya serta Ketua dan pengurus KTNA Provinsi se Indonesia (adpsb)