Penas Tani XVI/2023 di Sumbar Siap Digelar

Penas Tani XVI/2023 di Sumbar Siap Digelar

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 08 Juni 2023 13:13:35 WIB


Ajang Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Indonesia yang ke XVI di Sumatera Barat, yang dipusatkan di Lanud Padang sampai pada hari min 3 ini dinyatakan hampir 100 % siap untuk digelar. 

Demikian diungkapkan Ketua Pelaksana Asnal Zakri saat ditemui di posko sekretariat di lokasi Penas, Selasa (7/6/2023).

Asnal yang juga Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumatera Barat ini menyampaikan, bahwa saat ini yang belum lengkap datang itu, adalah alat mesin pertanian. 

"Yang penting dalam Penas tani dan nelayan ini, momennya bagaimana semua peserta bisa menampilkan tekhnologi pertanian mereka masing-masing daerah, baik pertanian tanaman, perikanan, dan peternakan. Dari sini kita akan dapat mengetahui sejauh mana perkembangan dan pemanfaatan tekhnologi pertanian secara keseluruhannya di negara pada era saat ini," lanjut Asnal.

Di sisi lain, katanya, momen Penas Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilahturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

"Mengenai kesiapan terhadap semua tamu datang, kita sudah siapkan 50 armada bus untuk menjemput para peserta di bandara. Namun kita menyadari, dari sekian puluhan ribu peserta ini jika mereka tidak sabar menanti armada kita menjemput dan mengantarkan ke posko provinsi mereka masing-masing yang telah disiapkan, ya silakan mereka ambil inisiatif sendiri. Semua biaya sudah ada aturannya," lanjut Asnal.

Kemudian untuk memanjakan para tamu selama berada di Kota Padang, Asnal sudah siapkan stand untuk para kuliner yang handal, dan juga beberapa stand untuk penjual sovenir.