Ketua TP - PKK Sumbar Serahkan Penghargaan Kepada 19 Perempuan Sumbar Berjasa dan Berprestasi

Ketua TP - PKK Sumbar Serahkan  Penghargaan Kepada 19 Perempuan Sumbar Berjasa dan Berprestasi

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 30 Mei 2023 17:27:19 WIB


Sebanyak 19 orang perempuan berjasa dan berprestasi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mendapat penghargaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM). Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, yang diwakili oleh Ketua TP PKK Prov Sumbar, Ny. Hj. Harneli Mahyeldi, di Aula Kantor Gubernur, Selasa (30/5/2023).

Pemberian penghargaan ini dilaksanakan serentak se-Indonesia untuk 514 orang perempuan berjasa dan berprestasi yang juga mendapat penghargaan serupa atas prestasinya di bidang kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, pertanian dan pendidikan. Kegiatan dipusatkan di Istana Negara dan disaksikan secara virtual dari seluruh provinsi. 

Penghargaan tersebut diberikan khusus kepada perempuan inspiratif, yang benar-benar melakukan sesuatu yang bernilai positif, dan penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi bagi kaum perempuan dalam merayakan Hari Kartini. 

Ketua TP PKK, Ny. Hj. Harneli Mahyeldi, dalam sambutannya mengatakan, bahwa negara pada saat ini sedang berusaha menurunkan angka stunting, termasuk di Sumbar. 

Perempuan yang akrab disapa Umi itu berharap para perempuan inspiratif diharapkan dapat menjadi inspirator dalam menurunkan angka stunting dan memperkuat ketahanan keluarga di masing-masing daerah. 

"Keluarga merupakan tonggak utama, kalau keluarga sudah tak harmonis, maka anak-anak yang akan jadi korbannya," ucap Umi Harneli. 

Umi Harneli berpesan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk terus mendukung para perempuan inspiratif yang telah berjasa dan berprestasi agar tetap eksis dan timbulnya berbagai bibit-bibit baru perempuan inspiratif dan berjasa lainnya. 

"para perempuan yang sudah mendapat penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional, mari bimbing perempuan lainnya agar berprestasi juga," ajak Umi Harneli. 

Para perempuan yang terpilih masing-masing menerima piagam, plakat, dan bantuan uang tunai Rp. 3 juta dari Presiden. Gubernur juga memberikan penghargaan berupa piagam dan uang tunai masing-masing Rp. 3 Juta. 

Terakhir Umi memberi semangat bagi para perempuan di Sumbar, untuk terus mengobarkan api semangat Kartini. "Semoga semangat Kartini melandasi di hati perempuan Indonesia. Tak lekang oleh panas dan tak lapuk oleh hujan, yakinlah perempuan mampu menghadapi tantangan di masa depan," ungkap Umi Harneli. 

Tampak hadir dalam pemberian penghargaan ini kepala daerah diantaranya Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi.

Dinas Kominfotik Prov. Sumatera Barat