Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar, Temanya Ibadah Pasca Ramadhan

Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar, Temanya Ibadah Pasca Ramadhan

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 20 Mei 2023 19:23:37 WIB


Padang, Mei 

Wirid Mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar dilaksanakan lagi pasca Ramadhan 1444 H yaitu hari Jum'at (19/5/2023). Ustadz yang memberikan tausyiah adalah Shadam Haky Lubis.

Tema yang diangkat pada Wirid Mingguan kali ini sangat tepat, yaitu "Keutamaan Ibadah Setelah Ramadhan", yang diikuti secara antusias oleh Keluarga Besar Dinas PMD. Hadir Kadis Amasrul, SH., Sekretaris Dinas Amriman, S.Pd.MM., para Kabid dan seluruh ASN.

Menurut Ustadz Shadam Haky Lubis, paling tidak ada tiga kategori manusia setelah Ramadhan. Pertama, orang yang ibadahnya biasa saja. Ini termasuk manusia yang merugi karena Ramadhan tidak membekas dan tidak berpengaruh kepada diri dan ibadahnya.

Kedua, orang yang ibadahnya berkurang. Manusia kategori ini termasuk yang dikutuk oleh Allah SWT karena setelah Ramadhan ibadahnya justru berkurang pelaksanaan maupun kualitasnya.

Kategori ketiga adalah orang yang ibadahnya bertambah, baik secara pelaksanaan maupun kualitas ibadahnya setelah bulan Ramadhan. Orang ini yang sukses di hadapan Allah SWT. 

Ustadz Shadam Haky Lubis mengingatkan bahwa setelah Ramadhan ibadah yang harus dilaksanakan dan dipertahankan adalah puasa sunat 6 hari di bulan Syawal, bulan Zulhijah dan puasa sunat lainnya.

"Kepada kaum muslimin mari kita tetap memakmurkan mesjid dengan beribadah di mesjid dengan sholat berjemaah," kata Ustadz Haky Lubis.

Kemudian yang penting juga dilanjutkan adalah kepedulian kepada anak yatim dan fakir miskin. Hal ini diwujudkan dengan banyak menyantuni anak yatim, bersedekah dan berinfaklah terus menerus.

Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH dalam arahan kepada seluruh ASN DPMD agar inti dari tausyiah Ustadz Haky Lubis yaitu ada perubahan ibadah menjadi lebih baik pasca Ramadhan, dapat dilakukan oleh masing-masing ASN Dinas PMD Sumbar. 

"Mari tingkatkan ibadah menjadi lebih baik lagi. Karena yakinlah dengan beribadah lebih baik maka Allah SWT akan memberikan kelancaran dan kemudahan kepada kita untuk berkinerja yang lebih baik pula," kata Amasrul, SH.

Dari jumlah ASN Dinas PMD sebanyak 50 orang, yang hadir mengikuti Wirid Mingguan hanya 36 orang. Sisanya ada yang sakit, cuti, berkegiatan di luar kantor, izin dan dua orang tidak ada keterangan. (GK)