DISPORA SUMBAR GELAR SELEKSI PPAN 2014 PADANG,…100 pemuda pemudi se-Sumatera Barat, mulai Rabu (16/4) kemarin mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), mewakili Sumatera Barat ke ajang PPAN tingkat internasional yang berlangsung di gedung P

Berita Utama () 17 April 2014 14:01:40 WIB


  PADANG,…100 pemuda pemudi se-Sumatera Barat, mulai Rabu (16/4) kemarin mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), mewakili Sumatera Barat ke ajang PPAN tingkat internasional yang berlangsung di gedung Pramuka Padang. Empat peserta terbaik nantinya bakal mewakili Ranah Minang dalam misi pertukaran pemuda dengan Negara Kanada, Jepang, Malaysia, dan Korea Selatan.

 

“Ini merupakan program sebagai salah satu pembentukkan kader bangsa. Pembentukan karakter dan kedisiplinan generasi muda yang merupakan calon pemimpin bangsa,” sebut Kadispora Sumbar, Priadi Syukur, SH Rabu (16/4) dalam sambutan pembukaan acara.

Menurut Priadi, PPAN merupakan media bagi seluruh peserta untuk menimba ilmu serta pengetahuan, karena peserta nantinya bakal ditempa oleh beberapa organisasi kepemudaan dengan penyajian yang menarik baik intra maupun ekstra. Program PPAN menjadikan generasi muda aktif dan terampil dan menjadi leader bagi genarasi muda di daerahnya setelah mengikuti kegiatan.

Menurut Kadispora, pada PPAN tahun ini Sumbar kebagian empat kuota. Jumlah ini menurutnya berkurang dibanding tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2013 lalu Sumbar mengirimkan 7 orang deligasinya.

“Kita patut bersyukur, karena tidak semua Provinsi yang bisa mengirimkan perwakilan, untuk itu kita berharap dari hasil seleksi nanti menemukan sosok yang pas mewakili Sumatera Barat ke ajang internasional,” lanjut Priadi.

 

Sementara itu, Panitia pelaksana Kabid Pemberdayaan pemuda Dispora Sumbar Edwarsyah Ramli, S,Sos menerangkan, seleksi kali ini diikuti 100 pemuda dari Kabupaten /Kota se- Sumatera Barat, setiap peserta nantinya bakal melalui bebera seleksi seperti tes tertulis, wawancara, penampilan seni dan budaya. Selain itu kepada peserta yang terpilih harus mengikuti pembekalan yang dilaksanakan Dispora Sumbar dengan bekerjasama dengan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI).

Seluruh peserta harus memenuhi kriteria umum seperti sehat jasmani, pendidikan minimal SMA sederajat, belum menikah, mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris (TOEFL 500 dan TOEIC 600), belum pernah mengikuti kegiatan yang sama serta memiliki keterampilan seni dan budaya. 

Sementara menyangkut pembiayaan yang ditimbulkan dari seleksi berasal dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dispora Sumbar, calon peserta dan bantuan dari pihak lain yang sifatnya tidak mengikat,’’ urai Edwarsyah Ramli.( M ).


Berita Terkait Lainnya :