Sambut Kedatangan Kontingen 34 Provinsi, Gubernur Sumbar : POMNAS XVII Dapat Gairahkan Semangat Olahraga di Sumbar

Sambut Kedatangan Kontingen 34 Provinsi, Gubernur Sumbar : POMNAS XVII Dapat Gairahkan Semangat Olahraga di Sumbar

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 18 November 2022 12:16:41 WIB


Hadirnya para ribuan atlet POMNAS XVII (Pekan Olahrga Siswa Nasional) dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dapat memberikan semangat dan gairah bagi para pelajar di Sumatera Barat (Sumbar) yang mempunyai ketertarikan di bidang olahraga. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi saat menyambut kedatangan  kontingen POMNAS XVII dari 34 Provinsi  pada acara Welcome Dinner di Auditorium Gubernuran, Kamis (17/11/2022). 

Di kesempatan itu, Gubernur juga melaporkan bahwa Provinsi Sumbar tengah mengadakan program di sekolah-sekolah terkait kegiatan seni budaya dan olahraga yang sesuai minat dan bakat para siswa, kegiatan tersebut diadakan setiap sabtu dan minggu. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat para pelajar terhadap kegiatan seni budaya dan olahraga. 

“Hal tersebut bertujuan, agar semangat belajar di bidang seni budaya dan olahraga para murid di tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas agar terjaga secara baik hingga ke Perguruan Tinggi,” ucap Gubernur

Gubernur juga berharap dengan dilaksanakannya event POMNAS di sumbar dapat memberikan kontribusi yang positif untuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Karena POMNas merupakan salah satu event olahraga, prestasi nasional setelah PON (Pekan Olahraga Nasional), dimana yang ikut berlaga dalam event POMNas ini adalah atlit-atlit PON yang berstatus sebagai Mahasiswa,” ujar gubernur. 

Sementara itu, Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, mengatakan Kemendikbudristek bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat bergotong royong untuk bersama-sama membangun Nagari melalui program Kampus Merdeka.

“Saya masih ingat di tahun 2020 di awal Program Kampus Merdeka Provinsi pertama yang saya kunjungi adalah Sumbar. Untuk menyaksikan kerjasama penandatanganan Rektor UNP dan UNAND bersama Wali Nagari untuk bergotong royong membangun Nagari dengan semangat Kampus Merdeka,” tuturnya.

Melalui program itu, para mahasiswa berkerjasama dengan masyarakat untuk memajukan pertanian, perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat secara bersama-sama. Ia juga berharap program dari Pemerintah Daerah dapat dikerjasamakan dengan berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Sumbar. Sehingga Perguruan Tinggi hadir sebagai mata air bagi pembangunan di berbagai daerah di Sumbar.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua BAPOMI Pusat, Sri Gunani Partiwi, Rektor UNP, Ganefri, Rektor Unand, Yuliandri, Rektor Universitas Gorontalo, Ibrahim Ahmad, Rektor Universitas Mulawarman, Abdunnur, serta Pengurus BAPOMI dari seluruh Provinsi. (Via/MMC)

 

Diskominfotik Sumbar.