Kelurahan Bukit Surungan Dinilai Tim LPM Berprestasi Tingkat Sumbar

Kelurahan Bukit Surungan Dinilai Tim LPM Berprestasi Tingkat Sumbar

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 24 Agustus 2022 11:00:51 WIB


Padang Panjang, Agustus

Masuk nominasi enam besar tingkat Provinsi Sumatera Barat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Bukit Surungan (Busur) Kota Padang Panjang, dikunjungi Tim Penilai LPM Berprestasi Tingkat Provinsi, guna melakukan verifikasi dan validasi, Selasa (23/8/2022).

Tim yang diketuai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Amasrul, SH itu, disambut Wakil Wali Kota Padang Panjang Drs. Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md, Ketua DPD LPM Dr. Novi Hendri, SE, M.Si Datuak Bagindo Saidi, Camat Padang Panjang Barat (PPB) Fiori Agustian, S.IP, Lurah Busur Ryan Afrinaldi, A.Md, Ketua DPC LPM PPB, Masri Edwar, Ketua LPM Busur, Akmal, S.T dan pejabat terkait lainnya.

Wawako Asrul mengucapkan terima kasih atas dipilihnya LPM Busur sebagai nominator. Menurutnya, penilaian merupakan upaya agar menjadi lebih baik. Ia meminta OPD, kelurahan maupun kecamatan tidak alergi dengan penilaian. 

"Penilaian LPM Terbaik ini mendorong agar menjadi lebih baik, melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Bahan untuk introspeksi diri kedepannya," katanya.

Dikatakan Wakil Wali Kota Padang Panjang, LPM yang diprakarsai masyarakat merupakan mitra Pemko. Tugas LPM memiliki andil dalam pembangunan, menggerakkan gotong royong dan mengendalikan pembangunan. 

LPM Busur, sebut Asrul, merupakan yang terbaik dari penilaian tingkat kecamatan hingga tingkat kota. "LPM Busur merupakan representasi Kota Padang Panjang yang cerdas dan berintegritas. Atas nama Pemko kami berharap LPM Busur bisa menjadi yang terbaik dan bisa mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai LPM Berprestasi Amasrul, SH mengapresiasi LPM Busur masuk nominasi enam besar terbaik dari 19 kabupaten/kota. Penilaian dilakukan dengan dua tahapan. Diawali tahapan administrasi yang dilakukan minggu pertama Agustus, sehingga mendapatkan enam nominator teratas di Sumbar.

Menurut Amasrul, tujuan penilaian tersebut guna melihat langsung aktivitas pemberdayaan masyarakat. "Penilaian itu bagaimana mulai dari tahap perencanaan program. Kemudian sampai dimana LPM mampu memberdayakan masyarakat," sebut Amasrul.

Karena yang dinilai adalah nominasi 6 besar tingkat Sumbar, kata Amasrul, maka LPM Busur sudah masuk kategori yang baik, apakah dalam kelembagaan maupun programnya. Karena itu Tim Penilai mencari yang terbaik dari yang baik.

Tim Penilai LPM Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar ini terdiri dari Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH. sebagai Ketua, dan Quartita Evari Hamdiana, SKM.MM (PMD Sumbar), Chintia Dewi Putri, M.Ikom (PMD Sumbar), H. Darmansyah Siroen, SH. (DPD LPM Sumbar), Huriyatul Akmal, M.Si (UIN Imam Bonjol Padang) dan M. Hanif Ersa, S.Sos. (PMD Sumbar).

Setelah mendengarkan paparan Ketua LPM Bukit Surungan tentang kelembagaan dan program, kemudian Tim Penilai melakukan cek lapangan untuk melihat realisasi dan dukungan partispasi masyarakat terhadap LPM. (GK)