Gubernur Mahyeldi Buka Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Angkatan Ke-VI Tahun 2022

Gubernur Mahyeldi Buka Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Angkatan Ke-VI Tahun 2022

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 23 Juni 2022 10:57:45 WIB


Padang, Juni

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Kader Posyandu di Sumbar, karena peran dari Kader Posyandu dalam memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat, memberikan penyuluhan dan konseling kesehatan gizi ysng meningkatkan kesehatan ibu dan balita.

“Kader Posyandu merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu. Keberadaan Kader Posyandu sangat penting dan strategis ketika pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang pada akhirnya  dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Buya Mahyeldi lagi.

Hal itu disampaikan Gubernur Buya Mahyeldi dalam Acara Pembukaan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Angkatan ke-VI Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar di The Premiere Hotel, Padang, Rabu (22/6/2022).

Menurut Buya Mahyeldi, Kader Posyandu memiliki poisisi yang signifikan dalam pencapaian angka indeks pembangunan manusia, penguatan sumberdaya manusia dan Kader Posyandu menjadi bagian penting dalam keberlangsungan dan kualitas layanan di lapangan tanpa terkecuali dalam upaya penurunan angka stunting di Sumbar.

Dalam rangka mewujudkan Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan, Sumbar menargetkan penurunan angka prevalensi stunting pada tahun 2024 sebesar 11 persen, sementara kondisi pada tahun 2021 ini sebesar 23,3 persen. ”Data yang ada di Pesisir Selatan prevalensi stunting cukup tinggi yaitu 25,2 persen. Karena itu, karena peserta Peningkatan Kapasitas ini berasal dari Pesisir Selatan maka merupakan tantangan kita bersama untuk bekerja kerasmencapai target itu,” harapan Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH dalam laporannya mengatakan bahwa harapan yang sangat tinggi kepada peserta Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Angkatan ke-VI Tahun 2022 ini, karena itu diungkapkan dalam tema yaitu “Melalui peningkatan kapasitas Pokjanal, Pokja dan Kader Posyandu, kita perkuat peran Posyandu sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan sosial dasar sebagai upaya percepatan penurunan stunting untuk mewujudkanmasyarakat sehat dan berkualitas”.

Peserta dari kegiatan peningkatan kapasitas ini sebanyak 124 orang adalah berasal dari tiga kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Kecamatan Sutera, Kecamatan Lengayang dan Kecamatan Ranah Pesisir, yang terdiri dari Kader Posyandu, Pokja Posyandu Nagari dan pejabat terkait yang mengelola kegiatan Posyandu di Pesisir Selatan.

Narasumber dalam acara tanggal 22-24 Juni 2022 ini adalah Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., Anggota DPRD Sumbar Fraksi Golkar Zarfi Deson, dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, dosen Fakultas Kedokteran Unand, Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Quartita Evari Hamdiana, SKM.MM dan motivator.

“Kita harapkan para peserta ini meningkat pengetahuan dan kemampuannya dalam mengelola Posyandu dan melayani masyarakat di Nagari, sehingga meningkat pula kesehatan masyarakat kita di nagari-nagari khususnya ditempat para peserta mengabdi,” kata Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH. (GK)