Tingkatkan Produksi Benih Bermutu, DKP Gelar Pelatihan CPIB Se-Sumatera Barat

Tingkatkan Produksi Benih Bermutu, DKP Gelar Pelatihan CPIB Se-Sumatera Barat

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 16 Juni 2022 19:27:56 WIB


Dalam rangka meningkatkan produksi benih yang bermutu serta mempercepat sertifikasi unit perbenihan ikan, baik untuk Balai Benih Ikan (BBI) maupun Unit Perbenihan ikan Rakyat (UPR) yang ada di Kab./Kota, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Pelatihan Dokumentasi Cara Perbenihan Ikan yang Baik (CPIB) se-Sumatera Barat. Acara ini dilaksanakan di UPTD KPSDKP tepatnya di Instalasi Konservasi Jenis Sicincin, Selasa-Rabu 14-15/06/2022.

 

Dalam pelatihan ini DKP Sumbar menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal  Perikanan Budidaya (DJPB) Kementrian Kelautan (KKP), Fatimah Sau, S.St. Pi, M.P dan diharidi oleh 30 (tiga puluh) orang peserta yang berasal dari UPR dan BBI se-Sumatera Barat.

 

Kepala DKP Sumbar DR. Ir. Desniarti, MM menyampaikan pelatihan CPIB sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan produksi perikanan budidaya. 

 

"Benih ikan yang bermutu akan meningkatkan produksivitas dan produksi ikan, oleh karena itu kita pengelola UPR dan BBI harus mengetahui bagaimana cara perbenihan ikan yang baik tersebut" ungkap Kadis DKP Sumbar dalam sambutannya.

 

Melalui pelatihan ini Kadis DKP sumbar juga berharap seluruh peserta  mampu memahami persyaratan penerapan CPIB dan menerapkannya di lapangan serta mampu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk bisa mendapatkan sertifikat CPIB, sehingga target jumlah unit perbenihan yang bersetifikat CPIB juga tercapai.