SEBANYAK 256 SISWA KOTA PADANG IKUTI SELEKSI PASKIBRAKA

Berita Utama () 24 Maret 2014 08:33:14 WIB


  PADANG,…Sebanyak 252 siswa SMA/ SMK sederajat Kota Padang ikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) Senin 24/ 3 di Gor Haji Agus Salim Padang. Seleksi yang diresmikan Walikota diwakili Staf Ahli Bidang sumber daya manusia Pemko Padang, Bambang Sutrisno itu turut didampingi ketua pelaksana Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Kota Padang, Suhardi, SH, dan juga dihadiri Kadispora Sumbar diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Drs. H. Afrizal Muchtar, M.Pd serta pejabat Dispora Kota Padang dan Sumbar lainnya.

Dalam arahannya Bambang Sutrisno mengatakan, Seleksi ini merupakan ajang memilih siswa terbaik untuk masuk dalam tim Paskibraka Kota Padang, yang akan di ikutkan dalam seleksi Paskibraka tingkat Provinsi dan Nasional. Mengingat selama ini Kota Padang mempunyai potensi terbaik dan terbayak, dalam mengikutkan wakilnya untuk menjadi anggota Paskibraka Sumatera Barat serta Nasional agar dapat dipertahankan.

Potensi tersebut lanjut Bambang Sutrisno, hanya dapat dipantau dan dibentuk oleh tim seleksi, karena itu tim seleksi agar melaksanakan tugas dalam memilih siswa tersebut, sesuai ketentuan dan kriteria calon Paskibraka. Sedangkan bagi pihak sekolah yang mengirimkan siswanya untuk mengikuti seleksi, agar dapat mendampingi siswanya selama menjalani seleksi.  

“ Kita berharap pihak sekolah dapat mendampingi siswanya selama menjalani seleksi, ‘’ kata Bambang Sutrisno.

Panitia pelaksana Kadispora Kota Padang, Suhardi menerangkan, pelaksanaan seleksi berdasarkan surat Dispora Sumatera Barat tentang calon Paskibraka, untuk mendapatkan Paskibraka Kota Padang mengikuti seleksi di tingkat Provinsi. Tahun ini Kota Padang mendapat kuota untuk mengikuti seleksi di provinsi sebanyak 22 orang, 11 putera dan 11 puteri, lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Lebih lanjut Suhardi menyatakan, Sedangkan tahapan seleksi diawali pendaftaran siswa dari SMA/ SMK sederajat Kota Padang 13 sampai 23 Maret, bagi yang tidak memenuhi kriteria seperti tingkat kelas, diutamakan siswa yang duduk dibangku kelas satu, dikembalikan kesekolah masing- masing. Sementara seleksi awal dimulai tanggal 24 sampai 28 Maret, untuk pembekalan 29 Maret sampai 28 April dan 28 April masuk seleksi di tingkat provinsi.

“ kita berharap para calon Paskibraka Kota Padang dapat mengikuti seleksi ini dengan baik, agar dapat terpilih menjadi Paskibraka Sumatera Barat serta dapat mewakili Sumbar ke tingkat Nasional, meski tidak dapat lebih minimal sama seperti tahun lalu,’’ urai Suhardi.

Terpisah Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar, Afrizal Muchtar, mengingatkan, Paskibraka yang akan mewakili Kota Padang ke tingkat Provinsi hendaknya, siswa- siswa yang memiliki potensi dan criteria yang memenuhi syarat, yang nota bene terhindar dari hal- hal yang berbaur titipan,’’ pungkasnya. ( M/ H )