Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat Sumbar DKP Rutinkan Rakor Forikan

Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat Sumbar DKP Rutinkan Rakor Forikan

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 31 Mei 2022 09:18:36 WIB


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr. Ir. Desniarti, MM memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) se Sumatera Barat di Auditorium Istana Gubernur (Senin, 30/05/2022).

Acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Peningkatan Daya Saing Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang  diwakili oleh Bapak Soenan Hadipurnomo selaku Wakil Ketua Forikan Pusat, Ketua Forikan Prov. Sumatera Barat, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sumbar, Ketua Penggerak PKK/Forikan Kab./Kota serta Kepala Dinas Perikanan Kab/Kota.

Rakor Forikan ini adalah sebagai salah satu upaya dalam peningkatan konsumsi ikan di kalangan masyarakat di Sumatera Barat.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Sumatera Barat, maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan.” Ungkap Kadis DKP Sumbar.

Dinas Kelautan Sumbar setiap tahunnya juga mensosialisasikan budaya makan ikan ini  Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), diharapkan melalui kegiatan ini tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

Ibu-ibu penggerak PKK juga sangat berperan penting dalam memasyarakatkan nilai lebih dari konsumsi ikan melalui sosialisasi keutamaan nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan ikan kepada masyarakat khususnya ibu–ibu rumah tangga baik di Posyandu dan Dasawisma. Tutup Kadis DKP Sumbar