Workshop Perencanaan Perkebunan Tahun 2015 (e-proposal) Kegiatan PPHP

Berita Utama () 17 Maret 2014 06:37:16 WIB


          

Padang, 15 Maret (disbun). Dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan perkebunan tahun 2015 lingkup bidang PPHP, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat  mengadakan pertemuan workshop pengajuan e-proposal tahun 2015 di hotel mercure padang dari tanggal 15 s/d 16 maret 2014. Peserta adalah dari Kabupaten/Kota yang membidangi perkebunan bidang PPHP sebanyak 22 orang. Narasumber adalah tim teknis e-proposal Dinas Provinsi Sumatera Barat yang di ketuai oleh Dwi Purwanto, SP.

Dalam antaran kata Kepala Bidang PPHP Ir Reno Budi mengatakan kepada peserta Kab/Kota yang hadir agar dapat mempergunakan pertemuan ini sebaik-baik mungkin dalam rangka membuat atau mengajukan usulan kegiatan untuk yahun 2015. Silakan buat usulan kegitan sebanyak mungkin tapi harus tepat sasaran dan sesuai dengan potensi Kab/Kota dan dibutuhkan oleh kelompok tani. Tujukan usulan kegiatan sesuai dengan tupoksi bidang PPHP jangan sampai lari dari garis yang telah ditetapkan. Dari uraian narasumber tem teknis e-proposal provinsi Dwi Purwanto, SP menyampaikan bahwa untuk evaluasi kegiatan 2014 ada bebrapa hal perlu diperhatikan yang menjadi kekurangan kita dalam menyusun e-proposal yaitu :

1. Kualitas proposal masih beragam

2. Kab/Kota ada yang mengusulkan lebih dari 3 komoditi

3. Kab/Kota belum mengisi database secara lengkap

4. Database Kelompok tani/Gapoktan belum jelas

5. Kab/Kota masih mengusulkan proposal secara manual

6. Proses verivikasi e-proposal di provinsi belum jelas.

Yang perlu digaris bawahi adalah untuk usulan kegiatan hanya boleh menitikberatkan pada 3 komoditi unggulan kab/kota bila lebih tidak bisa diterima oleh sisten e-proposal karena telah dikunci oleh system.