Dirjen Yankes Dukung Percepatan BKIM Jadi Rumah Sakit Mata Sumatera Barat

Dirjen Yankes Dukung Percepatan BKIM Jadi Rumah Sakit Mata Sumatera Barat

Berita Utama Tommy Trd, S.STP.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 25 Januari 2022 14:15:28 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Sumatera Barat, Audy Joinaldy, bersama Kepala Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Sumbar, menemui Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Abdul Kadir, dalam rangka konsultasi dan koordinasi percepatan BKIM menjadi Rumah Sakit Mata Sumatera Barat.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, Dirjen Yankes sangat mendukung dalam percepatan Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) menjadi rumah sakit tipe C.

“Menindaklanjuti pertemuan ini, kita akan mendukung peningkatan jenis layanan maupun fasilitas yang dimiliki BKIM, sehingga layak untuk diproyeksikan menjadi rumah sakit tipe C. Dan kami sangat mengapresiasi upaya Pemprov Sumbar ini untuk melakukan penjajakan, sekaligus berkoordinasi dengan kami di Kementerian Kesehatan,” jelas Abdul Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Audy mengatakan untuk menjadikan BKIM sebagai rumah sakit, perlu dilakukan peningkatan standar fasilitas dan pelayanan. Untuk itu pemprov akan terus mengupayakan peningkatan di beberapa aspek tersebut.

“Kita saat ini terus berusaha mewujudkan transformasi BKIM menjadi rumah sakit dengan cara meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang disediakan. Kalau bisa dianggarkan dalam perubahan APBD tahun ini, pembangunan akan kita laksanakan,” ungkapnya.

Ia juga berharap, perizinan rumah sakit dapat dipercepat sehingga pembangunan dapat segera dilakukan. Menurut Wagub perubahan BKIM menjadi rumah sakit ini, merupakan bagian dari inovasi untuk kemajuan daerah.

"Targetnya RS Mata Sumbar ini nantinya akan menjadi rujukan RS rujukan Mata di Pulau Sumatera. Mohon dukungan dari teman-teman semua, semoga bisa kita realisasikan," tutup Audy yang akrab disapa Uda Wagub ini. (via/mmc)

Dinas Kominfotik Sumbar