DKP Sumbar Restocking 32.500 Bibit Ikan Garing di Nagari Abai Siat Dharmasraya

DKP Sumbar Restocking 32.500 Bibit Ikan Garing di Nagari Abai Siat Dharmasraya

Berita OPD Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 25 Desember 2021 13:52:48 WIB


Dalam rangka meningkatkan populasi ikan di perairan umum dengan jenis ikan lokal, serta menjaga pelestarian sumber daya ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat (DKP Sumbar), melaksanakan restocking ikan garing.

Terdapat sebanyak 32.500 ekor bibit ikan garing diserahkan oleh DKP SUMBAR kepada Direktur BUMNag Abai Siat Mandiri untuk kemudian ditebar di Lubuk Larangan Sungai Nabuan Nagari Abai Siat Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya.

Penyerahan benih ikan garing dilakukan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat DR. Ir Desniarti MM, Anggota DPRD Sumatera Barat Bpk Arkadius Dt Intan Bano dan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kab Dharmasraya yang diwakili Kabid Perikanan Robianto dan setelah dilakukan penyerahan benih ikan garing langsung ditebar di Lubuk Larangan Sungai Nabuan.

Lubuk Larangan Sungai Nabuan dikelola olah BUMNag Abai Siat dengan panjang 1,5 km dan dari keterangan Ketua, Wali Nagari dan pemuka masyarakat dulunya ikan garing ini banyak terdapat di Sungai Nabuan ini. Namun dalam penangkapan ikan dengan menggunakan alat penangkapan tidak ramah lingkungan ikan garing ini sangat sulit ditemui dan didapat.
Wali Nagari.

Ketua Pokmaswas dan pemuka masyarakat sangat berterima kasih atas bantuan benih ikan dari DKP Provinsi Sumatera Barat ini dan Anggota DPRD Sumatera Barat Bpk Arkadius Dt Intan Bano, dengan harapan populasi ikan garing ini bertambah dalam menjaga sumber daya ikan si Sungai Nabuan yang akhirnya dapat meningkatkan konsumsi protein hewani khususnya ikan bagi masyarakat di Nagari Abai Siat.(eri/dkp)

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar