TIM PENILAI KAN SUMBAR KE TANDIKEK

TIM PENILAI KAN SUMBAR KE TANDIKEK

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 12 Oktober 2021 07:01:40 WIB


FIKIR.ID - Tim Penilai Lomba Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik Provinsi Sumatera Barat, turun ke Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan,  Kabupaten Padang Pariaman, Senen (11/10). Tim diterima dan disambut dalam prosesi adat oleh Bupati diwakili Sekdakab,  para camat serta para walinagari. Dari pihak masyarakat disambut khusus Wakil Ketua KAN Mukhtar Dt Palembang Basa didampingi Sekretaris Ali Idris Dt Mudo beserta seluruh anggota KAN ninik mamak datuk pangulu lainnya di Tandikek.  juga hadir Ketua MUI,  2 anggota DPRD Padang Pariaman,  staf ahli Bupati,  Dinas Pemberdayaan Kabupaten serta unsur pimpinan di nagari dan kecamatan. 

Sekda Rudi: Momentum menilai diri sendiri

Bupati Padang Pariaman diwakili Sekda Rudi seorang anak muda yang cerdas, dalam sambutannya, berharap prestasi KAN Tandikek mendapat penghargaan lebih. Biarlah tidak menang tetapi nomor satu,  katanya memancing mengundang aplous hadirin. 

Justru kata Sekda yang berhimpun di Nagari ini ibarat santan,  yang pati-patinya saja. Pantas mendapat kemenangan.  Namun katanya yang lebih penting adalah,  menjadikan momentum pernilaian KAN ini menjadi kesempatan mengevuasi menilai diri sendiri,  untuk menentukan pada kilometer berapa kita sudah berjalan menuju kemajuan yang lebih pesat dalam pelaksanaan adat di nagari yang difasilitasi KAN. kata Sekda Rudi dengan lincah yang diidolakan masyarakatnya. 

Tim Penilai KAN 

Tim terdiri dari, Ketua Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo/ Tim Konsolidasi Kelembagaan Adat Provinsi Sumatera Barat/ Pusat Kebudayaan Minangkabau/ Bakor KAN Sumbar. Anggota tim Prof. Dr. Raudha Thaib Yang DiPertuan Puti Reno Silndung Bulan/ Ketua Umum DPP Bundo Kanduang,  Drs. Yulrizal Baharin, Rajo Kumanti/ pamong seniora Sumbar. Drs. Zaitul Ikhlas Saad,  MSi Rajo Intan/ MUI - Bakor KAN, Dr. Akmal, SH, MSi Dt. Bungsu/ UNP/ Tim Konsolidasi kelembagaan Adat Sumbar/ Forum Masyarakat Hukum Adat. Drs. Akral, MM Sinaro Mangkuto/ Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar, Dra.  Hendrawati Roza MSi/ Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat DPMD Sumbar. 

Tim dilepas pagi Senen itu oleh Kadis DPMD Sumbar Amasrul,  SH di kantornya jJalan Pramuka Padang. Direncanakan Kadis DPMD Sumbar Amasrul,  SH itu ikut turun bersama Staf Ahli Gubernur Sumatera Barat,  Drs. Syafrizal,  MM Dt. Nan Batuah,  namun berhalangan yang tak dapat ditinggalkan. 

Dalam penjelasan ketua tim, Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo menyebutkan, bahwa penilaian KAN dilaksanakan dalam rangka penguatan dan peningkatan kapasitas kelembagaan adat di nagari. Terutama sekali organisasi adat di nagari satu-satunya KAN di samping limbago adat sebagai pemilik adat salingka nagari dan sako pusako salingka kaum dan suku. Diharapkan KAN kuat memegang amanat sejarahnya memfasilitasi limbago adat dalam maksanakan adat dengan baik. 

KAN Dinilai 4 Aspek

Pernilaian KAN oleh tim itu meliputi 4 aspek. Empat aspek itu adalah: (1) kelembagaan, (2) penyelenggaraan adat,  (3) kompetensi,  dan (4) kerjasama dengan lembaga lain,  termasuk dengan pemerintah. 

Akral Kasi Kelembagaan Adat juga Hendrawati Roza Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat berharap,  aspek yang dinilai itu,  tidak saja diharapapkan penjelasan dan atau laporan lisan saja tetapi dilengkapi dengan bukti pisik dalam bentuk dokumen KAN dalam pelaksanaan fungsi dsn peranannya menguatkan nagari dari aspek adat dan menghubungkan limbago adat dengan pemerintah dalam mengambil hak pasilitasinya di nagari. *** (diteruskan by. Akral)