DP3AP2KB Sumbar Jadikan SMAN 2 Batusangkar Kab.Tanah Datar Model SRA

Berita OPD Fatmawati Sawir(Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) 06 September 2021 15:05:10 WIB


DP3AP2KB Sumbar Jadikan SMAN 2 Batusangkar Kab.Tanah Datar Model SRA

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Prov. Sumbar diwakili oleh Kepala Bid. PHA, ( Dra. Sumarni.MPH), kasi PAPKK (Nelwetis SKM. MPH) bertindak sebagai narasumber, dihadiri oleh Kabid, Kasi  PPPA Kab. Tanah Datar  , dengan jumlah peserta sebanyak 14  terdiri dari satuan pendidikan, tenaga pendidik, komite dan ketua Osis. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMAN 2  Batusangkar dalam acara Bimtek, sosialisasi Sekolah Ramah Anak di Aula  SMAN 2 Batusangkar ( 6/09/2021)

 

Dalam paparannya Sumarni mengatakan  "Anak menurut  UU No 35 th 2014.  Ttg Perlindungan Anak  , Anak adalah yg ber usia 0 termasuk yg dalam kandungan  sampai 18 th kurang satu hari

Kab.Tanah Datar telah merahi peredikat  Kota Layak Anak yang  berada di Tingkat Madya.  

Semua puskesmas sudah ramah anak di Kab.Tanah Datar. dan utk Sekolah belum semua sekolah di Kab. Tanah Datar sekolah Ramah Anak.

prinsip  prinsip KHA  : non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hidup tumbuh dan berkembang dan partisipasi suara anak 

 

Moto SRA: anak senang, guru tenang ,orang tua bahagia,

SRA adalah merupakan satuan pendidikan baik formal maupun non formal, yang mampu memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak termasuk mekanisme pengaduan utk penanganan kasus di satuan pendidikan. 

 

SRA ini merupakan perubahan paradigma dari yg mengajar saja penjadi pendidik

guru, orang tua bertanggung jawab kepada anak 

kondisi yg diharapkan dalam  SRA yaitu  BARISAN  : 

Bersih, Aman, Ramah, Indah,Inklusif, Sehat Asei dan Nyaman

fungsi SRA dalam Pencegahan :

anak sebagai korban pornogrfi, anak sbg korban NAPZA, anak dg pergaulan bebas, anak berhadapan hukum, anak korban stigmatisasi, anak korban jaringan radikalisme dn teroris, perkawinan Anak, Anak tidak memiliki Akte Kelahiran, Anak korban perlakuan salah dan penelantaran, anak dg perilaku sosial meyimpang.

SMAN 2 Batusangkar dalam katagori SRA telah berada ditingkat MAU dan MAJU , (telah mengikuti sosilisasi dan bimtek) di terbitkan SK oleh tenaga pendidikannya setelah itu  mendeklarasikan SRA  ungkapnya,"