Pencanangan Vaksinasi Penyandang Disabilitas Mental dan Orang dengan Gangguan Jiwa

Pencanangan Vaksinasi Penyandang Disabilitas Mental dan Orang dengan Gangguan Jiwa

Covid-19 Dedi Oscar Adams(DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA) 04 Juni 2021 16:31:02 WIB


Dalam rangka mempercepat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, pemerintah juga melaksanakan vaksinasi kepada penyandang disabilitas, termasuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) seperti yang dilaksanakan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof.HB.Saanin, Padang.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, ini melaksanakan vaksinasi pada 25 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan 3 (tiga) orang penyandang disabilitas di RSJ Prof.HB.Saanin Padang, Kamis (3/6/2021) menerima vaksinasi Covid-19.

dr. Aklima, MPH, Direktur RSJ Prof. HB. Saanin Padang dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini sebelumnya sudah disetujui keluarga dan hanya diperuntukkan bagi yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Kegiatan ini menindaklanjuti Surat Edaran Meteri Kesehatan tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 bagi masyarakat lanjut usia, penyandang disabilitas serta pendidik tenaga pendidikan. Kegiatan ini bekerjasama dengan Kesehatan dan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat," ujar dr.Aklima.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19," tambah dr. Aklima.

Pada kesempatan ini acara juga dihadiri oleh Tim Monitoring Evaluasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr. Siti Khalimah, Sp.KJ, MARS dan tim, BPBD Provinsi Sumatera Barat, Perhimpunan Dokter/Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia, Himpunan Psikologi Indonesia, Ikatan Perawat/Kesehatan Jiwa Indonesia, Independen Pekerja Sosial/Profesional Indonesia, Pejabat Struktural dan Fungsional RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang, Panitia dan Peserta Pencanangan Vaksinasi Penyandang Disabilitas Mental dan Orang dengan Gangguan Jiwa.(doa)