Program Sejuta Pohon BPBD Sumbar Perlu Ditindaklanjuti

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 14 Desember 2020 09:32:37 WIB


Oleh: Yal Aziz

SEBAGAI masyarakat yang peduli lingkungan, rasanya kita perlu melakukan evaluasi dan menindaklanjuti terhadap program Sejuta Pohon yang telah dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sumatera Barat. Kenapa? Karena pohon yang ditanam beberapa waktu lalu banyak yang rusak dan bahkan mati karena kurangnya pengawasan dilapangan.

Persoalan itu muncul  dikarenakan dikawasan itu tingginya aktivitas pengunjung atau wisatawan, serta adanya aktivitas pedagang dan nelayan. Minimnya kepedulian masyrakat yang datang ke Pantai Padang sehingga membuat pohon yang ditanam banyak yang mati.

Berdasarkan data, daerah yang melakukan penanaman pohon tersebut, Kupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Kini sudah saatnya kita mengajak masyarakat untuk menjaga sejuta pohon yang telah ditanam di sepanjang Pesisir Pantai tersebut. Soalnya, pohon yang ditanam tersebut sangat berguna untuk mengurangi tingginya gelombang Tsunami, karena Sumatera Barat rawan gempa dan Tsunami.

Kemudian, pemerintah daerah yang melaksanaan program sejuta pohon tersebut, hendaknya para kepala daerah yang daerahnya termasuk dari program sejuta pohon tersebut ikut melibatkan berbagai pihak, seperti tokoh masyarakat, LSM dan OKP untuk ikut menjaga dan mengawasi program Sejuta Pohon tersebut.

Khusus Kota Padang, agar dinas pariwisata dan satpol PP untuk pro-aktif melakukan pengawasan terhadap pohon-pohon yang telah ditanam tersebut. Carana bisa saja dengan mengajak masyarakat disekitar penanaman pohon untuk ikut menjaga dan memelara.

Kemudian, tak ada salahya juga mengajak pemuda dan berbagai organisasi kepemudaan untuk ikut menjaga dan memeliara pohon yang sudah ditanam. Bila perlu libatkan pelajar untuk menyisip tanaman pohon yang sudah mati.

Yang tak kalah pntingnya melbatkan nelayan yang setiap hari melaut dan sudah barang tentu tanpa disadarinya beberapa pohon yang ditanam rusak. Yok kita jaga dan pelihara pohon yang ada disepanjang pantai. Semoga. (Penulis wartawan tabloidbijak dan ketua JMSI Sumbar)