Tidak Pakai Masker

Artikel Erwinfs(Erwinfs) 24 Agustus 2020 09:53:13 WIB


Harian Rakyat Merdeka edisi 27 Juli 2020 dalam salah satu halamannya memuat judul, “Tanpa Masker Terinfeksi”. Tulisan ini menceritakan seorang bernama Anna Camp yang membintangi film True Blood terinfeksi Covid-19 akibat tidak memakai masker. 

 

Ia terkena virus ketika Amerika kembali melakukan pelonggaran. Sekali waktu ia tidak memakai masker ketika berada di jalan, lalu terinfeksi. Pengakuannya, virus Corona berbeda dengan virus flu biasa. 

 

Setelah terkena covid, selama tiga minggu indera penciumannya hanya kembali 30 persen. Dan ketika sudah dinyatakan negatif covid, ia masih merasakan gejala pusing, kelelahan ekstrem, sakit perut, mual, demam dan muntah. 

 

Apa yang dirasakan Anna Camp ini patut menjadi pelajaran bagi kita semua. Agar kita mematuhi protokol kesehatan yang sudah disampaikan oleh pemerintah. Karena jika sudah terkena, akan menyesal sekali. 

 

Saat ini, lonjakan pasien positif Covid sudah mulai membuat tenaga kesehatan kewalahan. Masyarakat sudah seharusnya memakai masker ketika di luar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjaga kesehatan dan kebersihan. 

 

Selama vaksin belum ditemukan, maka memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, bisa disebut sebagai “vaksin terbaik” yang ada. Dengan memakai masker, sudah berperan besar mencegah tertular covid sekaligus mencegah menularkan covid tanpa sengaja. Apalagi jika rajin mencuci tangan, karena kita tidak sadar tangan kita memegang apa saja sehari-hari. 

 

Untuk mengedukasi masyarakat memakai masker, memang butuh kerja sama semua pihak. Tidak hanya pemerintah atau tenaga medis dan kesehatan, tetapi juga pendidik, penceramah, komunitas berperan penting mengedukasi masyarakat agar memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ketika keluar rumah. 

 

Bagi masyarakat yang masih keras untuk tidak mematuhi protokol kesehatan, memang perlu pendekatan yang lebih dari biasanya. Agar mereka sadar dan mau mematuhi protokol kesehatan. (Erwin FS)