Bila Terjadi Gempa Jangan Panik

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 24 Agustus 2020 08:51:34 WIB


Bila Terjadi Gempa Jangan Panik

Oleh Yal Aziz

 

Kota Padang sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat termasuk daerah yang notabene berada  di atas tiga lempeng utama yakni lempeng Eurasia, Australia, dan Pasifik. Kemudian  di Sumbar terdapat  sejumlah gunung berapi aktif, yang bisa dikatakan rawan terhadap gempa. Oleh sebab itu, kita harus tahu bagaimana cara menyelamatkan diri ketika gempa gempa terjadi, kita terhindar dari bahaya yang ditimbulkannya. 

 

Rasanya, gempa yang terjadi,  30 September 2009 lalu masih menyisakan kisah yang tidak terlupakan bagi masyarakat Kota Padang. Soalnya gempa berkekuatan, 7,6 Skala Richter tersebut menguncang Kota Padang pada sore hari, kira-kira pukul 17.00 WIB.

 

Kemudian, tentu tidak ada yang bisa memprediksi atau mencegah datangnya gempa. Satu-satunya yang bisa disikapi terkait salah satu bencana alam paling mematikan ini adalah dengan melakukan langkah-langkah perlindungan diri.

 

Langkah awal mengenali daerah tempat tinggal atau bekerja, apakah memiliki risiko gempa yang besar atau tidak. Setelah itu, tandai titik-titik di tempat tinggal maupun tempat beraktivitas lainnya yang bisa dijadikan tempat berlindung manakala gempa datang mengguncang. 

 

Sebaliknya juga, hindari titik lokasi yang sekiranya bisa membahayakan diri saat gempa terjadi Ingat-ingat dengan baik akses pintu keluar (termasuk tangga darurat) sehingga ketika gempa terjadi tidak terlalu membuang banyak waktu

 

Yang tak kalah pentingnya, biasakan untuk mematikan peralatan rumah tangga seperti kompor, pendingin ruangan (AC), hingga kran air apabila sedang tidak digunakan

 

Manakala gempa datang melanda, usahakan untuk tidak panik dan lakukanlah upaya menyelamatkan diri ketempat-tempat yang aman dan nyaman.

 

Sebagaimana dalam kitab suci Al-Qur’an Allah berfirman; “Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (QS. Asy-Syuura: 30)

 

Allah yang Maha Pengampun akan mengampuni semua dosa bagi mereka yang bertaubat secara sungguh-sungguh, jadi jangan sampai berputus asa terhadap rahmat Allah. Adanya bencana sebagai peringatan kepada kita agar kita lebih mendekatkan kepada Allah SWT.  

 

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al Qur`an itu benar. Dan apakah Rabb-mu tidak cukup (bagi kamu), bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu”. [Fushilat/41 : 53].

 

“Nikmat apapun yang kamu terima, maka itu dari Allah, dan bencana apa saja yang menimpamu, maka itu karena (kesalahan) dirimu sendiri”. [an Nisaa/4 : 79].

 

Dari firman Allah tersebut dapat kita ambil hikmahnya dan semoga kita termasuk umat yang menyusukuti nikmat Allah dan terhindar dari bencana. (Penulis wartawan tabloidbijak.com)