Kasus Konfirmasi Positif Sumbar Meningkat, Pemprov Sumbar Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Covid-19 TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 20 Agustus 2020 14:43:29 WIB


Kamis (20/08), Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Sumbar kembali mengumumkan perkembangan penyebaran dan penanganan Covuid 19 di Sumbar. Berdasarkan pemeriksaan sebanyak 1.948 sample (dari Lab Fakultas Kedokteran UNAND 1.777 spesimen dan Lab Veterenir Baso Agam 171 spesimen), ditemukan sementara 44 sampel yang terkonfirmasi positif. Dari data yang ada, hampir semua yang terkonfirmasi positif mempunyai riwayat perjalanan dari luar Sumbar. Menanggapi itu, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, kembali meminta kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada yang baru saja datang dari luar Sumbar untuk melakukan test Real Time Polymerase Chain Reaction (RT PCR) yang disediakan gratis oleh Pemprov Sumbar diberbagai fasilitas kesehatan, termasuk di Bandara Internasional Minangkabau (BIM)

Gubernur Sumbar juga telah mengeluarkan surat tentang Himbauan Penegakan Protokol Kesehatan kepada Bupati dan Walikota, agar dapat secara tegas melaksanakannya di masing-masing daerah. Jasman mengatakan, bahwa apapun upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meredam laju penyebaran Covid 19 tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Masyarakat harus benar benar menyadari pentingnya mematuhi setiap protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Adapun dari 44 sampel yang terkonfirmasi positif, 29 orang berasal dari Padang, Bukittinggi 4 orang, Agam 1 orang, Padang Pariaman 1 orang dan Padang Panjang 4 orang. Sementara yang sembuh bertambah 9 orang. Pemprov Sumbar akan kembali memberikan rincian keterangan termasuk penyesuaian data data yang ada pada laman https://www.sumbarprov.go.id/