Enam Daerah Zona Hijau di Sumbar Bisa Buka Sekolah

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 10 Juli 2020 14:39:13 WIB


Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Wagub Sumbar Nasrul Abit saat memimpin rapat terbatas yang membahas strategi penanganan covid-19 dan kelanjutan PSBB, mengatakan bahwa  sebanyak 6 daerah masuk kategori zona hijau di Sumatra Barat (Sumbar), kembali diperbolehkan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. 

Sejumlah daerah tersebut dinilai memenuhi syarat membuka sekolah di era kenormalan baru. Daerah yang tergolong zona hijau itu adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Pasaman Barat.

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat bersama 19 bupati dan wali kota di Sumbar lewat video conference, Senin (06/07). Dari 6 daerah tersebut, pada perkembangannya hanya 4 daerah yang sudah pasti akan membuka sekolah mulai 13 Juli. Bertitik tolak dari perkembangan Covid 19, Kabupaten Limapuluh Kota dan kota Payakumbuh memutuskan menunda membuka sekolah.

Menurut Irwan, daerah yang diperbolehkan membuka sekolah itu telah memenuhi syarat yang ditentukan oleh pemerintah pusat dan digolongkan ke zona hijau. Dalam penyebaran covid 19, Pemerintah membagi 4 zona, yakni hijau, kuning, orange, dan merah. Ciri-ciri zona hijau adalah tidak ada warga yang positif covid-19. Kalau pun ada yang positif sudah sembuh 100 persen. Kemudian tidak ada penambahan positif dalam waktu sebulan dan tidak ada kematian dalam satu bulan.

Di sisi lain, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa  hanya yang wilayah termasuk zona hijau saja boleh melaksanakan sekolah. HIngga bulan Juli ini, Sumbar sendiri tidak memiliki zona merah. Hanya warna orange yaitu Kota Padang. Sehingga di Sumbar kini terdapat  1 zona orange, 12 zona kuning, dan 6 zona hijau. Bagi daerah yang kuning dan orange, proses belajar tetap dilakukan dengan mengajar dengan cara daring.

Total hingga tanggal 6 Juli  masih  terdapat 780 orang Warga Sumbar terinfeksi covid-19. Sembuh bertambah 10 orang, sehingga total warga yang sembuh dari Covid 19 di Sumbar adalah 637.