Tips Bagi yang Menginap di Bandara

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 19 November 2013 10:22:12 WIB


Seiring jadwal penerbangan yang makin padat, sekarang ini makin lazim pesawat yang berangkat di pagi buta atau mendarat lewat tengah malam. Jam keberangkatan dan kedatangan pesawat yang tidak ideal ini membuat banyak orang memutuskan menginap di bandara.

Mereka lebih suka menginap di bandara daripada harus berangkat buru-buru untuk mengejar pesawat yang terbang sangat pagi. Tinggal di bandara juga dirasa lebih aman saat mendarat larut malam, baru menuju pusat kota keesokan paginya.

Apakah Anda mengalami hal serupa dan ingin mencoba menginap di bandara? Coba simak beberapa tips berikut supaya Anda tetap aman dan nyaman saat menghabiskan malam yang panjang di terminal bandara.

 Pilih tempat yang nyaman

Saaat tiba di terminal bandara, cobalah berkeliling dulu untuk mencari lokasi yang nyaman sebagai tempat beristirahat. Banyak orang biasanya langsung menuju musala (prayer room) karena lantainya selalu dilapisi karpet sehingga ideal untuk merebahkan badan. Namun perhatikan peraturan bandara setempat karena tidak semua musala bisa dijadikan tempat tidur.

 Bangku-bangku di area terminal bandara juga bisa dijadikan tempat tidur. Bahkan beberapa bandara memiliki sofa empuk yang bisa dijadikan tempat untuk merebahkan diri. Kalau Anda membawa kantong tidur (sleeping bag), lebih mudah lagi mencari tempat yang ideal. Tinggal cari sudut yang redup dan jauh dari tempat lalu-lalang, Anda pun bisa beristirahat dengan tenang.

Datang lebih awal

Cara ini bisa diterapkan kalau pesawat Anda baru terbang keesokan paginya. Jika Anda datang ke bandara saat sudah larut malam, kemungkinan titik menginap yang nyaman sudah diambil orang lain. Ingatlah, bukan Anda sendiri yang menginap di bandara. Penumbang lain yang harus terbang pagi buta seperti Anda bisa jadi melakukan hal yang sama.

 

Kenakan pakaian yang sesuai

Kalau sudah berencana menginap, kenakan pakaian berlapis karena kondisi sebagian besar bandara cukup dingin. Tak ada salahnya membawa selimut tipis kalau jaket dan sweater yang Anda kenakan dirasa masih kurang hangat. Hindari memakai rok dan pakaian ketat karena akan bikin tidak nyaman.

Selalu waspada

Umumnya situasi bandara cukup aman karena ada petugas keamanan yang bekerja 24 jam. Namun Anda tetap harus berhati-hati, apalagi jika hanya sendirian. Pastikan benda-benda penting seperti uang dan paspor ditempatkan dalam tas kecil yang dimasukkan di dalam baju. Tas yang agak besar bisa dijadikan alas kepala sehingga menyulitkan orang yang ingin mencuri. Jika menginap di bandara bersama teman, Anda bisa tidur secara bergantian sehingga selalu ada seseorang yang terjaga untuk mengawasi barang bawaan.

Bawa bacaan dan alat hiburan

Mungkin karena masih khawatir dengan kondisi keamanan, Anda memutuskan tidak tidur sepanjang malam. Supaya tidak bosan, bawa bahan bacaan seperti buku dan majalah. Pastikan juga perangkat elektronik seperti pemutar musik dan laptop sudah diisi baterainya supaya bisa digunakan saat Anda menunggu dalam waktu lama di bandara.

 

Bawa minuman dan camilan

Harga makanan dan minuman di bandara biasanya lebih mahal dari toko biasa di pusat kota. Supaya kantong Anda tidak jebol, ada baiknya menyiapkan minuman dan camilan sebelum tiba di bandara. Bagi yang memiliki budget perjalanan pas-pasan, cara ini akan sangat menghemat uang.

Pasang alarm

Situasi beberapa bandara modern di negara maju memang sangat nyaman sehingga membuat banyak orang bisa tidur nyenyak. Supaya tidak keasyikan tidur yang mengakibatkan Anda ketinggalan pesawat, setel alarm setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan pesawat.

Siapkan keperluan pribadi

Pastikan perlengkapan pribadi seperti sikat gigi, sabun muka, parfum, handuk kecil, serta perlengkapan pribadi lainnya bisa diambil dengan mudah. Tempatkan barang-barang tersebut dalam saku tas atau tempat lainnya yang mudah diraih. Anda tentunya membutuhkan barang-barang tersebut esok paginya.