STRATEGI KEMENDAG GENJOT EKSPOR DI 2013

Artikel BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 20 November 2013 02:41:23 WIB


STRATEGI KEMENDAG GENJOT EKSPOR DI 2013


Total nilai ekspor Indonesia selama 2012 turun 6,61% menjadi US$ menjadi US$ 190,04 miliar dibandingkan 2011 sementara pada tahun ini , ekspor ditargetkan berkisar US$ 200 juta. Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan strategi untuk mencapai target ekspor nasional 2013 pada saat pemulihan ekonomi glogal. Kemendag selalu berupaya meningkatkan ekspor pro duk bernilai tambah dan membangun citra Indonesia sebagai negara produsen yang handal, ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Gusmardi Bustami di Jakarta. Dia menyebut kan strateginya adalah dengan kon sisten membuka akses pasar di negara – negara non tradisional ( negara-negara di kawasan Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah, Amerika Tengah dan Amerika Latin). Upaya lain mempertahankan pasar yang telah ada di negara-negara tradisional seperti Amerika Serikat,Eropa, China dan Jepang. Bahkan Direkto rat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) telah menyusun program promosi 2013 yang fokus pada fasilitasi berbagai pameran skala Internasional baik di dalam negeri maupun luar negeri misi dagang serta nation branding. Imp lementasi dari ketiga program ini diharapkan mampu memperkenalkan produk dan potensi yang dimiliki Indonesia di mata dunia serta meningkatkan ekspor. Fasilitasi Kemendag pada pameran luar negeri antara lain menyiapkan tempat pameran dan membangun Paviliun Indonesia, serta membantu pengiriman barang peserta pameran.