Komisi II DPRD Sumbar Terus Pantau Persiapan Penas Tani

Komisi II DPRD Sumbar Terus Pantau Persiapan Penas Tani

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 27 Januari 2020 09:05:47 WIB


Provinsi Sumatera Barat harus benar - benar siap menyelenggarakan Pekan Nasional Tani dan Nelayan (Penas Tani) 2020. Kabupaten Padang Pariaman telah ditetapkan sebagai tuan rumah bersama Kota Padang untuk event yang akan dihadiri oleh puluhan ribu petani dari seluruh Indonesia pada Juni mendatang tersebut.

Memastikan kesiapan lokasi utama di Padang Pariaman, Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat kembali melakukan peninjauan, Jumat (24/1/2020). Lokasi penyelenggaraan di Padang Pariaman akan dipusatkan di kawasan asrama haji dengan menyediakan lahan lebih kurang 3 hektare. 

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Datuak Intan Bano menjelaskan, peninjauan tersebut merupakan lanjutan dari kunjungan sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk melihat perkembangan dari persiapan yang telah dilakukan oleh seluruh pihak terkait.

"Setelah mendapat kepastian mengenai pemindahan sebagian lokasi penyelenggaraan Penas Tani ke Padang Pariaman, Komisi II ingin memastikan kesiapan. Pada kunjungan hari ini, sudah terlihat perkembangan dimana lokasi penyelenggaraan sudah dibersihkan," kata Arkadius. 

Menurutnya, lahan di depan komplek asrama haji seluas lebih kurang tiga hektare sudah dibersihkan. Lahan tersebut nantinya akan digunakan untuk gelar penerapan teknologi pertanian, peternakan dan perikanan. Demikian juga lahan di belakang asrama untuk stand pameran dan dagangan. Masalah teknis yang masih harus diperhatikan adalah pasokan air untuk lahan. 

"Sejauh ini progress persiapan sudah cukup bagus, sudah dilakukan pembersihan lahan. Dalam kunjungan ini kami mengajak seluruh instansi terkait di pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten Padang Pariaman dan Pemko Padang agar diketahui kendala yang masih dihadapi dalam persiapan ini," ujarnya. 

Arkadius menyebutkan, untuk penyelenggaraan Penas Tani 2020, pembukaan dan kegiatan utama dipusatkan di Kabupaten Padang Pariaman. Sementara, untuk kegiatan rapat - rapat dan seminar nantinya akan digelar di Kota Padang, termasuk juga penutupan. 

"Jadi kita tidak lagi mempersoalkan polemik tuan rumah ini, yang pasti bagaimana kegiatan ini sukses," tambahnya.

Arkadius melihat, kegiatan Penas Tani nantinya akan memberikan keuntungan bagi petani dan nelayan di Sumatera Barat. Selain berbagi informasi dan inovasi dengan petani dari daerah lain, juga akan ada gelaran teknologi menuju era pertanian 4.0. 

"Petani kita bisa belajar, berbagi pengalaman dan meningkatkan kemampuan bertransformasi ke era pertanian 4.0 melalui alih teknologi yang akan didemonstrasikan selama Penas Tani berlangsung," ulasnya. 

Dalam kunjungan tersebut, Arkadius Datuak Intan Bano didampingi beberapa anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat. Antara lain sekretaris komisi, Nurkhalis Dt Bijo Dirajo, Leli Arni, Yunisra Syahiran, Nurfirmanwansyah, Tri Suryadi, Budiman Datuak Malano Garang dan Safarudin Datuak Bandaro. *Humas.(dprd.sumbarprov.go.id)