Pelantikan anggota kehormatan Forum Komunikasi Dermawan Darah (FOKUSWANDA) komisariat Sumatera Barat

Berita Utama Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) 14 November 2013 22:35:14 WIB


Anggota kehormatan forum komunikasi dermawan darah (Fakuswanda) komisariat sumbar di lantik oleh ketua umum Fakuswanda Pusat Mayjen Pol (Purn) Drs. H. Pamudji R. Soetopo, Sh, MH. Adapun anggota Fakuswanda Sumatera Barat yang di lantik adalah Gubernur Irwan Prayitno,  Ali Asmar, Rosmini Safitri, dan Sultani Wirman. Pelantikan dilaksanakan langsung di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Selasa (12/11). Sebenarnya dalam pelantikan tersebut, berjumlah tujuh orang. Namun tiga orang lainnya berhalangan hadir, yaitu Fauzi Bahar, Marlis Rahman, dan Hidayat.

Pamudji mengharapkan, dengan dilantiknya Fakuswanda Sumbar pertumbuhan pendonor darah di Sumbar dapat terus meningkat. Ia juga menghimbau pemerintahan daerah Sumbar agar dapat melakukan upaya, yang dapat menimbulkan minat dari masyarakat untuk melakukan pendonoran. Sehingga, pasokan darah selalu dapat tersedia. 

Sedangkan Gubernur mengatakan, bahwa ia mengapresiasi kegiatan donor darah tersebut. Namun dirinya tidak menampik bahwa pendonor darah di Sumbar masih minim. Menurutnya, Pemprov nantinya akan berusaha untuk melakukan beberapa sosialisasi mengenai pendonoran.

"Kita akan melakukan sosialisasi terhadap kegiatan pendonoran darah ini. Tidak terkecuali bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada di lingkungan Pemprov Sumbar. Dimana direncanakan bahwa PNS Pemprov Sumbar diharuskan untuk melakukan donor darah," katanya.

Irwan Prayitno juga menilai, bahwa kegiatan donor darah tersebut bukanlah kegiatan yang menyakitkan. Bahkan sebaliknya, adalah suatu kegiatan yang dapat menyehatkan. Selain itu, lanjutnya, melalui donor darah yang rutin 3 bulan sekali juga dapat dijadikan stok darah bagi nantinya yang membutuhkan. (Humas Sumbar)