Sikapi Insiden Wamena, Gubernur Himbau Masyarakat Tenang

Sikapi Insiden Wamena, Gubernur Himbau Masyarakat Tenang

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 27 September 2019 15:01:23 WIB


Menyusul terjadinya kerusuhan di Wamena, Papua, yang menewaskan 9 orang perantau Minang beberapa waktu lalu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada Selasa (24/09), menghimbau seluruh masyarakat Sumbar baik yang ada di kampung halaman maupun di perantauan untuk tetap tenang. Ia mengatakan agar semua komponen masyarakat mampu menjaga kondusivitas situasi dan tidak terpengaruh dengan hal hal yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban.

Gubernur juga menambahkan, pemprov Sumbar senantiasa mengamati perkembangan di Wamena serta berkomunikasi secara intensif dengan pihak pihak terkait. Informasi terbaru apapun yang diperoleh tentang keadaan masyarakat Sumbar di Papua akan segera disampaikan ke masyarakat Sumbar melalui media. Hal ini diperlukan untuk mengambil langkah langkah yang dianggap penting untuk menjaga keamanan warga Sumbar di Papua. 

Sebagaimana diketahui, kerusuhan pecah di Wamena, Papua pada  Senin (23/09). Akibat kerusuhan itu, pemprov Sumbar mengkonfirmasi 9 orang warga asal Pesisir Selatan, Sumbar, turut menjadi korban tewas. Dari 9 jenazah tersebut, 8 jenazah dipulangkan ke Sumbar dan 1 orang telah dikuburkan di Wamena. Pemprov Sumbar akan memfasilitasi pemulangan jenazah hingga ke rumah duka masing masing.