Pengembangan dan Pemantapan Nagari Model Pembangunan Kakao Provinsi Sumatera Barat Melalui SL-PHT

Berita Utama () 01 November 2013 06:50:52 WIB


Untuk menunjang keberhasilan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam rangka mensejahterakan petani terutama petani perkebunan maka melalui Dinas Perkebunan Provinsi melaksanakan kegiatan SL-PHT ( sekolah lapang pengendalian hama tanaman) bagi petani dan petugas yang tercakup pada kegiatan pengembangan nagari model pembangunan kakao tahun 2013. Pada tahun ini SL-PHT dilaksanakan pada 4 daerah yaitu : Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, dan Kota Sawahlunto.

Kegiatan SL-PHT diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari 23 orang petani dan 2 orang petugas lapang. Narasumber didatangkan dari Dinas Perkebunan Provinsi dan BPTP Pertanian. Adapun materi yang diajarkan antara lain tentang : Pemupukan, Pembuatan pupuk kompos, Pengendalian hama tanaman, Gerakan Pemangkasan Tanaman kakao, Gerakan sambung pucuk kakao, budidaya tanaman kakao, Pengolahan kakao dll.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perkebunan Ir. Fajarudin waktu pembukaan SL-PHT di salah satu Kabupaten mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam rangka memberikan hasil yang lebih baik dari usaha tani pekebun yang ditekuni. Hendaknya petani dapat menyerap ilmu yang diberikan dan sungguh-sungguh menerapkan ilmunya dilapangan sehingga mampu memberikan peningkatan penghasilan bagi petani dan meningkatkan kesejahteraan. Disamping itu Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat terus berupaya dalam membuat program dan kegiatan yang dibutuhkan dan menunjang pengembangan perkebunan di Sumatera barat.

Menurut salah seorang petani peserta SL-PHT mengatakan program ini sangat bermanfaat bagi kami dalam rangka bekerja sebagai petani kebun terutama kebun kakao. Banyak pengetahuan yang didapat dan berguna di lapangan untuk diterapkan yang berpengaruh langsung pada peningkatan ekonomi petani.