Enam Belas Daerah di Sumbar Ikuti Pemilihan Kota Sehat Tingkat Nasional

Enam Belas Daerah di Sumbar Ikuti Pemilihan Kota Sehat Tingkat Nasional

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 26 Maret 2019 11:05:51 WIB


Bukittinggi, InfoPublik - Sebanyak 16 daerah tingkat II di Provinsi Sumatra Barat, tahun ini mengikuti kegiatan penyempurnaan dan finalisasi usulan dokumen penyelenggaraan kabupaten/kota sehat tingkat nasional.

Hal tersevut menindaklanjuti Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor: 34 tahun 2005, Nomor: 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia. Kegiatan finalisasi tersebut berlangsung di Hotel Nikita Bukittinggi 21-23 Maret 2019.

Dalam keterangannya Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumbar, Ahmad Zakri mengatakan, sejak tahun 2003, Sumatra Barat selalu mengirimkan utusan mengikuti pemilihan kabupaten/kota sehat tingkat nasional.

"Penghargaan kota sehat ini diberikan untuk daerah yang memenuhi kondisi bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk," ujar Ahmad Zakri.

Sebelum tahap finalisasi ini, imbuhnya, telah diadakan verifikasi terhadap dokumen yang masuk pada 20-21 Februari 2019.

Terakhir Ahmad Zakri mengharapkan, dari 16 kabupaten/kota yang telah mengusulkan dokumen keikutsertaan, semuanya bisa meraih penghargaan Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi untuk kabupaten/kota sehat, dimana pada tahun 2017, ada 7 daerah di Sumatra Barat yang berhasil meraih predikat ini. (Dhella Amelia/MMC Diskominfo)