Rimbawan Harus Berjiwa Patriot Dalam Menjaga Kelestarian Hutan

Rimbawan Harus Berjiwa Patriot Dalam Menjaga Kelestarian Hutan

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 20 Maret 2019 09:51:48 WIB


Padang, InfoPublik - Dalam memperingati Hari Rimbawan ke-36, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya berpesan agar Rimbawan memiliki jiwa patriot, punya keberanian dan dedikasi dalam menjaga lingkungan dan kelestarian hutan.

Hal itu disampaikan Menteri LHK dalam amanatnya yang dibacakan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, saat memimpin upacara bendera Hari Bakti Rimbawan ke-36, yang diperingati setiap 16 Maret, di lapangan Kantor Gubernur Sumbar, Senin (18/3).

"Peringatan tahun ini bertema "Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat" sejalan dengan semangat dan misi serta jati diri keberadaan Rimbawan dalam perjuangan pembangunan hutan dan lingkungan," ujar Gubernur Irwan.

Rimbawan adalah julukan untuk seseorang yang berprofesi dalam pengelolaan hutan atau orang yang berperan dalam kegiatan pengelolaan hutan ke arah kelestarian.

Dalam amanatnya, Menteri LHK juga menegaskan pesan Presiden RI Joko Widodo untuk melakukan reklamasi dan rehabilitasi hutan secara besar-besaran mulai 2019. "Untuk itu, harus dilakukan gerakan penanaman secara nasional di seluruh Indonesia," kata gubernur menyampaikan.

Gubernur juga mengatakan bahwa, Kemen-LHK terus berupaya melakukan langkah korektif pada upaya penataan ulang alokasi sumber daya hutan dengan mengedepankan izin akses bagi masyarakat dengan hutan sosial.

Selain itu, implementasi secara efektif moratorium penerbitan izin baru di hutan alam primer dan gambut, serta melakukan pengawasan pelaksanaan izin dan mencabut HPH atau HTI yang tidak aktif.

Menurutnya, peringatan Hari Bhakti Rimbawan merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

"Rimbawan adalah pejuang yang tak kenal lelah dan mereka tidak berharap tanda jasa untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan, serta ekosistem bumi demi masa depan negara dan bangsa," pungkasnya.

Upacara tersebut juga diikuti oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sekretaris Daerah Sumbar Alwis, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra, dan para pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah daerah Sumbar. (EK/B2/MMC Diskominfo)