Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Gubernur Sumbar Bentuk Komunitas Plogging

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Gubernur Sumbar Bentuk Komunitas Plogging

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 18 Maret 2019 16:32:06 WIB


Padang, InfoPublik - Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno melaunching pembentukan komunitas Plogging (olahraga sambil membersihkan lingkungan) di lapangan parkir Danau Cimpago Pantai Padang, Sabtu (16/3/19), dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019.

Gubernur mengatakan, bahwa sampah sangat berbahaya bagi kehidupan. Semua kita wajib bertanggung jawab dengan sampah. Setidaknya sampah dari diri sendiri, sampah dari keluarga dan sampah dari lingkungan kita sendiri.

Di samping itu, Irwan Prayitno juga mengajak masyarakat membiasakan peduli terhadap sampah. "Melalui peringatan Hari Peduli Sampah ini, kita lakukan aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya," harap gubernur

Hari peringatan ini juga menjadi pemicu supaya Indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020. Dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional, diharapkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sampah semakin meningkat.

Pantauan tim MMC Diskominfo di lapangan, tampak juga hadir pada kegiatan ini Forkopimda Sumbar, Wali Kota Padang, Kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar dan ribuan warga masyarakat Kota Padang.

Hari Peduli Sampah Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 2005 tepat setelah terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada tanggal 21 Februari. (NY/EK/MMC Diskominfo/toeb)