Ancaman Banjir Masih Terus Mengintai, Warga Diminta Waspada

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 15 November 2018 14:39:47 WIB


Pesisir Selatan, 14 November 2018

Curah hujan yang masih terlihat tinggi, serta juga tidak menentunya kondisi cuaca akibat pemanasan global, harus disikapi dengan kesiagaan.

Sedangkan pendangkalan dan aliran sungai yang berbelok-belok, juga bisa memicu terjadinya bencana banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Herman Budiarto dengan didampingi sekretaris, Khairul Efendi mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Rabu (14/11) bahwa di daerah itu setidaknya terdapat enam aliran sungai yang membutuhkan penanganan serius pemerintah untuk dilakukan normalisasi.

" Setidaknya ada enam aliran sungai yang mendesak untuk dinormalisasi saat ini. Enam aliran sungai itu diantaranya, Batang Salido, dan Batang Lumpo di Kecamatan IV Jurai, Batang Jalamu di Kecamatan Batang Kapas, Batang Bayang di Kecamatan Bayang, Batang Lakitan di Kecamatan Lengayang, dan Batang Palangai di Kecamatan Ranah Pesisir. Diperkirakan total anggaran untuk  menangani enam aliran sungai ini mencapai Rp 120 miliar," jelasnya.

Dikatakannya bahwa pihaknya melalui koordinasi dinas terkait memang terus berupaya mengusulkan anggaran atau bantuan ke pusat untuk menormalisasi beberapa sungai kritis di daerah. Tujuanya agar normalisasi beberapa sungai yang kritis tersebut bisa dilakukan, sesuai dengan kebutuhan anggaran yang diajukan.  

Walau diantara beberapa usulan itu sudah ada yang terealisasi, namun penangan secara total tetap sangat diharapkan.

" Tujuanya agar enam aliran sungai yang tergolong kritis sebagai mana saya jelaskan tadi, benar-benar tertangani dan tidak lagi mengancam keselamatan warga dan lingkungan di saat hujan deras terjadi," tutupnya.