Maknai Nilai Nilai Perjuangan, Kesbangpol Linmas Sijunjung Gelar Pelatihan Bela Negara

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 12 Oktober 2018 15:35:20 WIB


Selasa (09/10), kesbangpol linmas kabupaten Sijunjung gelar pelatihan bela negara bagi 240 orang anggota ormas, mahasiswa, perangkat nagari dan Satuan Karya Pramuka Penegak/ Pandega Kwarcab 0303 Sijunjung. Kegiatan yang diselenggarakan di UDKP Kecamatan Sijunjung ini bertujuan untuk memberikan pemahaman sejarah dan makna nilai nilai perjuangan NKRI sebagai motivasi dalam meningkatkan kesadaran berbagai elemen masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Sijunjung, Yunani, mengatakan bahwa pelatihan bela negara ini diadakan untuk 4 angkatan, dengan masing masing peserta per angkatan sebanyak 60 orang. Untuk angkatan I, dimulai pada 9 - 11 Oktober 2018 dengan peserta dari perwakilan ormas kabupaten Sijnjung, Angkatan II, terdiri dari mahasiswa, dimulai pada 11 - 13 Oktober 2018. Angkatan III, dimulai pada 16 - 18 Oktober 2018 dengan peserta terdiri dari perangkat nagari. Kemudian untuk angkatan IV, akan digelar pada 18 - 20 Oktober 2018 dengan peserta dari Satuan Karya Pramuka Penegak/Pandega Kwarcab 0303 Sijunjung. 

Lebih jauh, Yunani mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan mendorong tumbuhnya kesadaran bela negara dalam rangka menjamin kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Senada dengan itu, Asisten I Setdakab Sijunjung, Irwandi, mengatakan dalam sambutannya bahwa bela negara bukan hanya berarti mengangkat senjata atau maju ke medan perang. Bela negara beragam bentuknya sepanjang masih sesuai dengan aturan konstitusi. Melaksanakan tugas tugas dengan baik juga merupakan aksi bela negara.

Upaya bela negara bukan hanya merupakan tugas aparat semata, namun merupakan tugas semua pihak, yang ditunjukkan dengan sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai akan kecintaannya terhadap NKRI.