Pasca gempa dan tsunami Palu Wagub Sumbar himbau tingkatkan kesiapsiagaan

Pasca gempa dan tsunami Palu Wagub Sumbar himbau tingkatkan kesiapsiagaan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 04 Oktober 2018 11:34:34 WIB


Gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala jumat, 28 September lalu mejadi pelajaran dan catatan khusus tertama bagi provinsi Sumatera Barat yang juga rawan gempa dan tsunami. tidak kurang dari 7 kabupaten/kota di pesisir pantai yang berpotensi dilanda tsunami. 

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menghibau semua kabupaten/kota harus siap, kabupaten/kota harus menyiapkan shelter-shelter,  tidak perlu banyak berteori sekarang siapkan masyarakat kita praktek memyelamatkan diri. Kecepatan tsunami mencapai 820km, dengan waktu tempuh 23-27 menit untu mencapai darat, dengan tinggi genangan dapat mencapai 12m.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Rumainur, menegaskan bahwa shelter-shelter atau tempat evakuasi sementara (TES) yang sudah disiapkan pemerintah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama disaat ancaman bencana tsunami betul betul terjadi.

Terkait bantuan satu ton rendang yang rencana akan dikirim ke Palu hingga berita ini dibuat telah terkumpul sebanyak 1500 kg lebih.