Pemprov Sumbar Siapkan Desa/Nagari Tangguh Untuk Kurangi Resiko Bencana

Pemprov Sumbar Siapkan Desa/Nagari Tangguh Untuk Kurangi Resiko Bencana

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 03 April 2018 12:36:04 WIB


Selasa (03/04) bertempat di Grand Zuri Hotel dilaksanakan kegiatan Monev Desa/Nagari Tangguh Bencana Inklusi dalam upaya penguatan kapasitas Penguranan Resiko Bencana (PRb). Kegiatan ini di buka oleh Plt. Ka. Pelaksana BPBD Provinsi Sumbar Bapak Rumainur. Audiens dari workshop ini diantaranya perangkat daerah lingkup provinsi yaitu BPBD, DPMD, Badan Kesbangpol, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Dinas Koperasi serta forum forum dan kelompok peduli bencana di Sumbar yakni Forum PRB, PMI Sumbar, PDDI, HWDI, Gerkatin Sumbar dan Mercy Corps.

Poin pon penting yang disampaikan dalam monev ini iantaranya mempersiapkan desa/nagari tangguh agar mandiri dan mampu beradaptasi serta menghadapi potensi ancaman bencana, serta mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak dampak bencana yang merugikan.

-Penguatan fungsi tim monev program desa/nagari tangguh bencana inklusi Prov. Sumbar dilakukan di Kab. Pesisir Selatan dan Kab. Kepulauan Mentawai yang terdiri dari unsur perangkat pemerintah prov. Sumbar dan organisasi non pemerintah, yang bertugas mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan desa/nagari tangguh bencana yang dilaksanakan oleh ASB Indonesia and Philippines.


PRB sendiri merupakan bentuk upaya konkret untuk menimbulkan kesadaran akan dampak bencana, sekaligus mengurangi kerentanan-kerentanan sosial ekonomi yang mungkin ditimbulkan oleh bencana.