Dalam Rangka HPN 2018, Dinkes Sumbar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Dalam Rangka HPN 2018, Dinkes Sumbar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 11 Februari 2018 01:21:41 WIB


Padang, 10 Februari 2018

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, menggelar kegiatan pemeriksaan gratis bagi masyarakat melalui stand yang didirikan dalam rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday, mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis itu ditujukan bagi seribu orang masyarakat. Pemeriksaan yang dilakukan, yaitu gula darah, jantung, dan asam urat.

Alasan pihak Dinas Kesehatan mengakitkan pemeriksaan gratis dengan HPN 2018 di Padang, sebab pemeriksaan gratis tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini kita laksanakan di dua tempat, pertama di Kantor Gubernur Sumbar dan kedua di Kantor PWI Sumbar,” ujarnya, Jumat (9/2/2018).

Untuk melakukan pemeriksaan gratis itu, Dinas Kesehatan menyiapkan delapan orang media yang terdiri dari dokter spesialis dan dokter umum

Ia menyebut, kegiatan pemeriksaan gratis itu tidak hanya dilakukan di Kota Padang, tetapi juga dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan di Mentawai dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah, Tua Pejat.

“Di Mentawai ada empat orang medis yang ditugaskan hari ini,” katanya.

Merry menyebutkan alasan Dinas Kesehatan memilih kegiatan tersebut untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat di Sumbar. Karena selama ini banyak yang mengabaikan kondisi kesehatan.

Sementara itu, Sarah, salah seorang warga yang memanfaatkan momen pemeriksaan kesehatan gratis mengatakan, kegiatan tersebut turut membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar kondisi kesehatan badan.

“Kegiatan seperti ini jarang terjadi. Saya dapat informasi dari teman juga, ya saya pun penasaran mau mengetahui kondisi kesehatan saya,” ujarnya.

Sarah tidak hanya datang sendiri, tetapi juga membawa ibunya yang sudah memasuki usai 55 tahun. Dengan usia yang tebilang sudah tua, Sarah ingin melakukan pemeriksaan kesehatan ibunya seperti gula darah dan jantung.

Untuk itu, ia berharap, agar kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis itu tidak hanya diselenggarakan pada momen-momen tertentu saja. Tapi, diharapkan bisa diadakan secara berkala seperti satu kali sebulan. Karena cukup banyak masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis.

Sumber : cendananews.com