Ketua TP PKK Sumbar : KRPL Harus Dikelola Secara Baik dan Berkesinambungan

Ketua TP PKK Sumbar : KRPL Harus Dikelola Secara Baik dan Berkesinambungan

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 10 Januari 2018 13:17:54 WIB


Sawahlunto, 9 Januari 2018

Ketua TP PKK Sumbar, Ibu Nevi Irwan Prayitno melakukan pembinaan serta monitoring pelaksanaan pengembangan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang ada di Kota Sawahlunto, tepatnya Desa Salak, Kecamatan Talawi.

Pada kesempatan itu turut hadir Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Ketua TP PKK Kota Sawahlunto Yenny Ali Yusuf, Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Efendi, beserta pengurus KWT (Kelompok Wanita Tani) Desa Salak, Kecamatan Talawi.

Dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga dan dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga.

Adapun target yang ingin dicapai dalam menumbuh kembangkan KRPL ini yaitu meningkatkan keanekaragaman dan keseimbangan pangan masyarakat serta penurunan pengeluaran pangan tingkat rumah tangga sehingga semakin mantap aspek ketahanan pangan/kemandirian pangannya.

"KRPL harus dikelola secara baik dan berkesinambungan sehingga tujuan dan sasaran dapat tercapai sebagaimana mestinya. karena KRPL termasuk dalam 10 program pokok PKK, program pokja III yaitu ketahanan pangan, dengan pemanfaatan pekarangan rumah terkait program Hatinya PKK,” harap Ibu Nevi.

Untuk itu dengan adanya pembinaan serta monitoring ini masyarakat dapat terdorong/termotivasi untuk memanfaatkan pekarangan dalam pengembangan jenis pangan. Selain untuk memenuhi kebutuhan dan konsumsi pangan, sekaligus menambah pendapatan keluarga agar lebih sejahtera.