SUMBAR BARALEK GADANG

Berita Utama AFIF AFDISYA(Satuan Polisi Pamong Praja) 18 September 2013 06:25:57 WIB


Tiba saatnya Sumatera Barat mendapat giliran menjadi tuan rumah penyelenggaraan perhelatan Nasional Gelar Teknologi Tepat Gu­na ke-XV di GOR H. Agus Salim yang akan dihadiri dari 34 provinsi di Indonesia atau se­kitar 6.500 orang dengan mengisi 320 stand. Sumatera Barat mendapat giliran Pameran Teknologi Tepat Gu­na ke-XV ini juga dihadiri oleh sedikitnya 11 ke­me­nt­e­rian yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Riset dan Teknologi, Ke­menterian Perindustrian, Kementerian Aparatur, Ke­men­te­rian Perdagangan, Kementerian Hukum dan HAM, Ke­men­te­rian Pertanian, Badan Pengkajian dan Pe­ngembangan Teknologi serta kementerian lainnya.

Acara Teknologi Tepat Gu­na merupakan mo­me­n­tum strategis dalam menyebarluaskan in­fo­rmasi berbagai teknologi yang da­pat memberi nilai tambah kepada ma­sya­r­akat yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pem­ba­ngunan dan kemajuan teknologi ser­ta manfaatnya dengan tema “Dengan me­man­fa­at­kan potensi sumber daya lokal melalui pen­da­yagunaan teknologi tepat guna, kita wujudkan kemandirian ma­sya­ra­kat”.

Dengan harapan terbangun komitmen ber­sama di Sumbar dalam melakukan pe­nguatan, pengembangan dan pen­da­ya­gu­naan teknologi, dengan muncul ino­vasi-inovasi dalam bidang teknologi di berbagai provinsi yang da­pat dikembangkan, dan bisa mem­bu­mi di Sumbar, dalam arti dinikmati serta dicintai masyarakat.  Dengan begitu, pada masa mendatang di Sum­bar akan berkembang inovasi-inovasi tek­nologi. Secara kelembagaan dan pem­­berdayaan, berdiri dan ber­kem­bang­nya Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di setiap kecamatan atau na­gari untuk wadah berdiskusi ma­sya­ra­kat guna menemukan metode dan kiat mengatasi kesulitan melakukan pro­ses produksi.

Mudah – mudahan Alek Gelar teknologi tepat guna mestinya mendorong berkembangnya teknologi di perdesaan yang bermanfaat bagi peningkatan pendapatan masyarakat Sumatera Barat. (Nov)