Sosialisasi Gerakan Menuju Indonesia Ramah Bagi Aparat Satpol PP se Sumbar

Sosialisasi Gerakan Menuju Indonesia Ramah Bagi Aparat Satpol PP se Sumbar

Berita Utama AFIF AFDISYA(Satuan Polisi Pamong Praja) 31 Oktober 2017 14:40:39 WIB


       Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar ------ Berdasarkan Intruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang gerakan nasional revolusi mental, dalam rangka memperbaiki dan membangun karakter bangsa yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong untuk mebangun budaya bangsa yang bermartabat, maju, makmur dan pancasila perlu diadakannya sosialisasi. Sesuai dengan kewenangan Satpol PP yang dikaitkan dengan gerakan revolusi mental dimana Satpol PP berada pada program Indonesia tertib, maka perlu dilakukan sosialisi gerakan Indonesia ramah bagi Aparat Satpol PP se Sumatera Barat.

        Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 30 s.d 31 Oktober 2017 yang diadakan di hotel Ibis Padang. Peserta sosialisasi terdiri dari Satpol PP Provinsi Sumbar dan seluruh Kasat dan Kepala Bidang Ketertiban Umum dan ketentraman Masyarakat se Sumatera Barat.

        Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Laporan Panitia oleh Sekretaris Satpol PP Prov. Sumbar (H. abdul Rahman, Se, MM) kemudian sambutan (pembukaan) oleh Wakil Gubernur Sumbar (Nasrul Abit) yang menyampaikan materi dengan tema “Gerakan Nasional Revolusi Mental Satpol PP dan Damkar dalam pelaksanaan tugas. Wagub menyampaikan 5  program Gerakan  nasional Revolusi mental :

  1. Program gerakan indonesia melayani
  2. Program gerakan indonesia bersih
  3. Program gerakan indonesia tertib
  4. Program gerakan indonesia mandiri
  5. Program gerakan indonesia bersatu

Setelah magrib acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dirjen BAK Kementerian Dalam Negeri RI dengan tema “Strategi Penerapan Instruksi Mentri Dalam Negeri Menuju Indonesia Ramah”. Disini Gubernur, Bupati/Walikota sebagai Pembina Teknis Operasional Satpol PP di daerah agar membentuk Kader Gerakan Aparat Satuan Polisi Pamong Praja Menuju Indonesia Ramah. Kader Gerakan Aparat Satuan Polisi Pamong Praja tersebut mempunyai tugas utama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang arti pentingnya Peraturan Daerah dalam tatanan pemerintahan daerah, melalui slogan “Perda Wibawa Kita”. Yang bertujuan dalam hal penegakkan Perda melalui cara-cara yang “persuasif” dan “dialogis”. Sehingga masyarakat merasa memiliki dan mencintai Perda serta diharapkan secara aktif dapat ikut membantu dalam proses penegakannya.

        Pada Hari kedua, sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Direktur Pol PP dan Linmas Ditjen Bina administrasi Kewilayahan dengan tema “Pengembangan Aparatur Polisi Pamong Praja yang ramah dalam pelayanan terhadap masyarakat”. Kemudian dilanjutkan penyamapaian materi oleh Kasat Pol PP dan Damkar Prov. Sumbar (Zul Aliman, SE, MM) dengan tema “Inisasi Gerakan Aparat Satuan Polisi Pamong Praja Menuju Indonesia Ramah”. Dengan ini Satpol PP mengoptimalkan peran aktif masyarakat melalui tokoh agama, tokoh adat dan tokoh warga dalam rangka mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketentramanan masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip kearifan lokal.