UPTD KPHL – Bukit Barisan Terus membenahi agrowisata bank buah di kawasan wisata mandeh

Kehutanan () 28 September 2017 19:45:02 WIB


KPHL Bukit Barisan yang merupakan UPTD Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat terus membenahi lokasi yang dikembang menjadi Bank Buah untuk Agrowisata Kehutanan. KPHL – BB (Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung -  Bukit Barisan) menggandeng Kelompok Tani Hutan sebagai mitra kerja dalam mengembangkan konsep agroekowisata Bank Buah tersebut.

Menurut Kepala Seksi Penata Usahaan Hutan KPHL – BB “Hendra Bakti” mengatakan bahwa, Pembuatan Bank Buah ini dilaksanakan melalui kemitraan dengan masyarakat, dimana nantinya dapat mengembangan pola pikir masyarakat sekitar hutan yang selama ini hanya mengetahui potensi hutan adalah kayu sehingga mereka menggantungkan kehidupan mereka dari kayu yang ada dalam hutan tersebut. Dengan adanya Agrowisata Kehutanan “Bank Buah” dapat merangsang masyarakat untuk menjaga lingkungan dan hutan tetap lestari dengan menjual jasa lingkungan yang ada disekitar mereka.

Saat ini pada lokasi yang memiliki luasan bank buah seluas 20 hektar sedang dibangun jalan wisata untuk mengelilingi lokasi bank buah tersebut. Kegiatan ini dilakukan oleh Kelompok Tani Hutan yang merupakan Mitra kerja dan Usaha dalam pengembangan kawasan tersebut. Dengan adanya jalan wisata ini dapat menjadi daya Tarik tersendiri pada lokasi ini, dimana jalan tersebut dibuah dari susunan batu yang menghubungkan dari pohon kepohon buah yang ditanam pada lokasi tersebut.

Dengan adanya penggiatan pengembangan ini dapat, masyarakat sekitar kawasan hutan tersebut semakin yakin untuk pengembangan wisata didaerah mereka ungkap Kepala UPTD KPHL - BB "Eka Minarsih"