Gubernur Beri Sambutan Pada Pelantikan Pengurus GEBU MINANG Sumbar

Gubernur Beri Sambutan Pada Pelantikan Pengurus GEBU MINANG Sumbar

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 24 September 2017 11:14:19 WIB


 

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Sabtu malam 23 September 2017 menghadiri sekaligus memberikan sambutan saat pelantikan Gebu Minang Sumatera Barat, di Padang.

Pada saat ini turut hadir Ketua Umum DPP Gebu Minang, Oesman Sapta Odang Dt Bandaro Sutan Nan Kayo, tokoh-tokoh Minang dirantau, tokoh-tokoh masyarakat Minang di ranah, Forkompimda dan perwakilan serta utusan dari Kabupaten dan Kota

Hadirnya GEBU Minang di Sumatera Barat diharapkan dapat "Mambangkik Batang Tarandam" dimana selama ini ekonomi masyarakat Sumbar sudah mulai goyang, dan dapat pula menguatkan adat istiadat Minang yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabulah " (ABSSBK) sudah mulai tenggelam karena pengaruh Globalisasi.  Hal ini sama dengan apa yang diharapkan Gubernur seperti dalam pidato beliau "Dengan dibentuknya kepengurusan Gebu Minang Sumbar, saya harapkan akan dapat bersama Pemerintah Daerah dan stake holder lainnya, serta pemangku kepentingan untuk dapat memajukan, mengembangkan ekonomi dan penguatan Adat dan Budaya Minangkabau sesuai filosofi Adat Basandi Syara’ , Syara’ Basandi Kitabullah di Ranah dan rantau, dalam menghadapi pengaruh Globalisasi kompetensi dan persaingan, yang senantiasa berhadapan dengan Adat dan Budaya itu sendiri . 

Selanjutnya Pak IP demikian beliau biasa disapa juga mengatakan "Ekonomi Sumatera Barat/Minangkabau harus kuat ditunjang oleh Ketahanan  budaya dan Adat Masyarakat. 

Gubernur juga berpesan kepada pengurus bahwa "Dalam menjalankan keorganisasian, para pengurus harus memperhatikan faktor-faktor penentu keberhasilan dalam berorganisasi 

1. Kepengurusan yang handal dan kompak

2. Program yang bagus dan harmoni dengan program Pemda 

3 . Management atau pengelolaan orang  dengan kepemimpinan yang mumpuni  sejalan dengan  visi Gebu Minang . Selalu mengembangkan koordinasi dengan Stake Holder dan Terutama pemda, karena bagi Pemda ( Prop dan Kab, kota ) Gebu Minang adalah lembaga yang diharapkan mampu dan mau membantu Pemda.

Terakhir Gubernur mengucapkan Selamat berkarya bagi seluruh unsur Gebu Minang, semoga bermanfaat bagi kemajuan Ranah Minang dan masyarakatnya, baik yang di ranah maupun di rantau. Demikian dilaporkan. (by. Akral)