Ketua TP PKK Prov Sumbar Buka Lomba Masakan Salero Kampuang

Ketua TP PKK Prov Sumbar Buka Lomba Masakan Salero Kampuang

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 17 September 2017 16:48:38 WIB


Padang, 16 September 2017

Ibu Nevi Irwan Prayitno selaku Ketua TP PKK Prov Sumbar membuka Lomba Masakan Salero Kampuang Dengan Gizi Seimbang di Agrowisata Lokasi Balai Benih Induk (BBI) Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Lubuk Minturun Padang. 

Dalam sambutannya, Ibu Nevi mengapresiasi kreativitas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Chandra yang telah mengadakan berbagai acara agar agrowisata menjadi tempat tujuan wisata masyarakat Sumatera Barat.  

Tempat ini adalah Kebun Percontohan "Hatinya PKK".

Hatinya PKK adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman dengan Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat mengelola pekarangan atau halaman rumahnya, " ungkapnya. 

Dimana Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat implementasinya dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif/ keras (bernilai ekonomis tinggi), minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah.

Hatinya PKK dapat terwujud melalui sarana Gotong Royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan  Tanaman Pangan yang produktif  yang nantinya dapat Bernilai Ekonomi Tinggi serta dapat juga digunakan Sebagai Tabungan.

Gerakan Hatinya PKK meliputi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman, diantaranya kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan tanaman obat tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman pelindung/tanaman keras.