Gubernur Sumatera Barat Menghadiri ICNT ke 17 di Bali

Gubernur Sumatera Barat Menghadiri ICNT ke 17 di Bali

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 11 September 2017 13:47:58 WIB


Gianyar,  Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Senin 11  September 2017 Menghadiri International Conference of National Trusts (ICNT) yang ke-17 tahun 2017 yang dilangsungkan di Gianyar Bali.

Gubernur Sumbar dalam relacenya mengatakan "Rangkaian kegiatan dengan tema Kearifan Tradisi dan Budaya Lokal, Kunci Kelestarian Lingkungan Berkelanjutan itu, diikuti 200 peserta yang berasal dari 30 negara berbeda dari lima benua."

Selnjutnya Gubernur menyampaikan "ICNT merupakan salah satu kegiatan yang digelar setiap dua tahun sekali oleh Organisasi Pelestarian dari berbagai negara di dunia yang bergabung dalam International National Trusts Organisation (INTO)"

INTO adalah organisasi yang bergerak dibidang pelestarian budaya dan tidak mencari keuntungan secara financial sebagaimana relace gubernur "INTO merupakan organisasi non profit yang dibentuk oleh anggota-anggota organisasi pelestarian (national trust) budaya dari berbagai dunia di New Delhi, India pada 2007, dan berkedudukan di London."

Yang menjadi tuan rumah adalah BPPI yaitu suatu organisasi yang bergerak dalam bidang pelestarian pusaka di Indonesia, seperti dikatakan Gubernur dalam relacenya "Sedangkan BPPI atau Indonesian Heritage Trust sebagai tuan rumah acara ini, dibentuk oleh Jaringan Pelestarian Pusaka Indonesia yang terdiri atas anggota-anggota organisasi pelestarian dari berbagai daerah di Indonesia pada 17 Agustus 2004 lalu di Jakarta. BPPI sampai saat ini memiliki lebih dari 100 mitra organisasi pelestarian di Indonesia", serta menjadi anggota INTO sejak didirikan 2007 lalu. Demikian dilaporkan. (by. Akral)