Gubernur Sumbar Buka Seminar Geopark Ranah Minang

Gubernur Sumbar Buka Seminar Geopark Ranah Minang

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 07 September 2017 12:28:40 WIB


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menghadiri sekaligus membuka Seminar Geopark Ranah Minang Seminar Kamis 7 September 2017 di salah satu hotel berbintang di Padang.

Gubernur mengatakan dalam relacenya bahwa "Acara yang dikombinasikan dengan Field Trip ke Gunung Padang ini dihadiri Bupati dan Walikota, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Bappeda, OPD terkait dan komunitas wisata dari 11 Kabupaten dan Kota yaitu : Kota Padang, Sawahlunto, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok,  dan Kabupaten Agam, Solok,  Solok Selatan, 50 kota, Tanah Datar, dan Sijunjung. termasuk juga ketua ASITA, ASATI, PHRI, dan HPI Provinsi Sumatera Barat."

Seminar ini menampilkan beberapa orang Pembicara di antaranya adalah Dr. Yun Yunus Kusumahbrata M.Sc. sebagai Ketua Tim Percepatan Geopark Indonesia, Ir. Novizar Swantry & Dr. Febrin sebagai Ketua Panitia sekaligus Tim kerja Geopark Ranah Minang, dan Sekretaris Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Maritim Bpk. Arif Rahman Hakim.

Selanjutnya Gubernur mengatakan  "Pengembangan Sumatera Barat memiliki banyak kawasan yang memiliki unsur geologi termasuk di dalamnya unsur arkeologi, dan budaya yang dikenal dengan Geopark."

Geopark Ranah Minang tidak hanya dijadikan untuk peningkatan pariwisata saja tetapi juga sebagai sarana edukatif, seperti disampaikan Irwan Prayitno bahwa "Geopark Ranah Minang ini merupakan hal yang positif untuk meningkatkan kualitas pariwisata yang berkelanjutan dan edukatif."

Gubernur yang  hoby berpantun ini juga menyarankan "Untuk pengembangan potensi Geopark Ranah Minang menjadi Geopark Nasional tentunya perlu dukungan dari kepala daerah, pemangku kepentingan dan komunitas wisata .Demikian dilaporkan. Semoga...(by. Akral)