Cara Cegah Rem Bermasalah disaat Hujan

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 17 Juli 2013 14:24:00 WIB


Fungsi rem sebagai salah satu alat keselamatan saat berkendara adalah vital. Piranti yang satu ini mutlak harus selalu berada dalam kondisi terbaik untuk mengurangi atau bahkan menghentikan laju kendaraan Anda. Oleh sebab itu, sistem pengereman mesti selalu di cek kemampuannya untuk selalu berada pada level yang maksimal.

Apalagi pada saat musim hujanseperti saat ini, fungsi rem pada mobil Anda menjadi lebih penting selain gaya berkendara yang safety. Tak jarang, karena guyuran hujan yang membasahi hampir seluruh bagian mobil, rem menjadi bermasalah/macet. Selain itu, kesalahan pengereman pada musim hujan juga bisa berakibat fatal karena roda mudah terkunci dan menyebabkan mobil tergelincir.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips penting untuk mencegah rem pada mobil Anda bermasalah ketika musim penghujan tiba :

Antasipiasi kanvas rem lengket
Rem mobil dengan jenis tromol dan sepatu rem biasa mudah basah sehingga kemampuannya berkurang/rem menjadi tidak pakem. Kemungkinan lainnya adalah kanvas rem memiliki potensi menjadi lengket akibat genangan air. Hal ini disebabkan kanvas rem sangat mudah mengembang setelah terkena air. Antisipasinya adalah menjalankan mobil dengan kecapatan standar, jangan terlalu cepat ketika sudah melewati genangan air atau banjir. Pada saat yang sama, injaklah rem sedikit demi sedikit agar tromol atau sepatu rem cepat kering.

Rem tanpa sistem ABS mudah terkunci
Anti-lock Brake System (ABS) adalah sistem pengereman pada kendaraan yang memungkinkan mobil tidak tergelincir ketika melakukan pengereman mendadak sekalipun. Tapi sayangnya, tidak semua mobil dilengkapi dengan sistem pengereman seperti ini. Masih banyak mobil yang menggunakan piringan cakram rem dan sepatu rem yang juga sering kesat. Pada sisi lain, dalam kondisi basah, roda mobil rawan seret atau skid. Jadi, jangan sesekali melakukan pengereman mendadak setelah mobil melewati genangan air. Cara teraman adalah dengan menjalankan mobil pada kecapatan yang normal guna mengantisipasi hal tersebut.

Upayakan untuk menjaga sistem pengereman mobil pada keadaan terbaik
Periksa booster dan master rem, pastikan minyak rem, dan kanvas rem mobil Anda ketika musim penghujan telah tiba. Selain itu, pastikan pula kondisi ban dalam keadaan yang baik dan ukiran ban masih terjaga dengan baik (tidak gundul). Bila dirasa perlu, kuras minyak rem dan ganti dengan yang baru.

Lakukan langkah cepat saat rem tiba-tiba lengket
Jangan panik ketika rem lengket setelah Anda melintasi genangan air. Berusahalan untuk tetap tenang dan menepikan kendaraan Anda, lalu matikan mesin. Biarkan kendaraan lain melintas lebih dahulu dan ketika jaraknya sudah cukup jauh, pindahkan transmisi ke gigi satu dan injak pedal rem dalam-dalam. Kemudian hidupkan mesin dan lepas pedal rem hingga mobil sedikit melompat dan rem kembali. Lakukan cara itu beberapa kali.

Langkah darurat ketika mengalami rem blong
Ketika Anda berada pada situasi ini, lakukan pengocokkan rem secepat mungkin dengan menginjak pedal rem berkali-kali sambil mengurangi kecepatan mobil. Jika rem masih blong, pindahkan transmisi secara perlahan, lalu lakukan pengereman dengan rem tangan dengan perlahan dan hati-hati. Sebelumnya, pastikan mobil di belakang Anda berada dalam jarak yang cukup aman. Bila langkah itu belum juga dapat mengurangi laju kendaraan Anda, carilah obyek atau benda mati yang tidak membahayakan jika Anda menabraknya. Semak-semak, separator, atau pepohonan adalah opsi yang cukup baik. Jangan menabrak dengan posisi tegak lurus, tapi sebaiknya dalam posisi menyerempet.

Sumber : save drive magazine