Ketua PKK Sumbar Hadiri Serah Terima Program dan Kader TB oleh USAID Indonesia,

Ketua PKK Sumbar Hadiri Serah Terima Program dan Kader TB oleh USAID Indonesia,

Berita Utama WISNITA(Dishub) 24 Agustus 2017 16:37:48 WIB


Ketua PKK Provinsi Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno menghadiri serah terima program dan kader TB oleh USAID Indonesia, di Auditorium Gubernuran, Selasa (22/8).

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan penanggulangan TB di Indonesia melalui pendekatan yang berbasis masyarakat.  

Jaringan Kesejahteraan Masyarakat (JKM), Unand,  UI,  USU,  dan Westat USA  dll yang bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Sumatera Utara  melatih  kader TB yang bertujuan untuk meningkatkan penemuan kasus TB, penanggulangan kasus TB putus berobat,  dan ksus TB-HIV pada kelompok marginal/ yang sulit dijangkau pada tiga provinsi tersebut. 

Di Sumatera Barat program TB cepat ini dilaksanakan di 6 Kab/Kota yaitu Kota Padang,  Kabupaten Padang Pariaman,  Kabupaten Solok,  Kabupaten Tanah Datar,  Kabupaten Pasaman,  dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang telah berlangsung selama 4 tahun lebih dan berakhir di bulan September ini, saya harapkan kegiatan itu dapat berlanjut karena mengingat Indonesia sudah menjadi no 2 pengidap TB di dunia.

TP PKK juga ikut memberantas TB dengan memanfaatkan kelompok dasawisma sebagai ujung tombak PKK hingga ketingkat nagari. 

Penutupan program cepat melawan TB melalui pemberdayaan, semoga  program cepat USAID terus berkelanjutan,  meyakinkan,  menemukan TB, kepada kader Nevi mengucapkan terimaksih dan apresiasi atas bantuan, walau program cepat sudah selesai mari pemerintah daerah tetap lanjutkan.