Gubernur Membuka Bazar di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat

Gubernur Membuka Bazar di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 19 Juni 2017 12:36:15 WIB


Bazar atau Pasar Murah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Senin 19 Juni 2017, bertempat di areal parkir kantor Gubernur Sumbar jalan Jendral Sudirman nomor 51 Padang. 

Acara diawali dengan laporan ketua Panitia Bazar dan Tim Terpadu Pencegahan Makanan Minuman dan Parcel Nofriardi. SE yang juga kepala Biro Perekonomian Setda Prov. Sumbar, beliau mengatakan bahwa Bazar ini adalah untuk menstabilkan harga dan membina UMKM di Sumbar. Acara ini diselenggarakan selam 4 (empat) hari dari 19 sd 22 Juni, dimana Pemprov dan PT. Semen Padang menyediakan 138 stand, namun peserta melebihi dari stand yang disediakan. Barang yang dijual terdiri dari kue-kue kecil dan pakaian muslim yang aka dipakai saat lebaran. Disamping itu juga ada beberapa jenis barang yang disubsidi oleh Pemerintah Provinsi, PT.Semen Padang dan Bank Nagari. 

Selanjutnya Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya mengatakan, "bazar ini diutamakan untuk masyarakat yang kurang mampu, tetapi karena diadakan di lingkungan kantor, maka PNS tentu memanfaatkan pula kesempatan ini.
Gubernur juga menghimbau kepada PNS agar lebih mendahulukan masyarakat untuk berbelanja, setelah itu baru para PNS yang belanja di bazar. Beliau juga mengingatkan kepada masyarakat dan PNS agar jangan menghabiskan uang hanya untuk belanja saja, tapi disisihkan juga untuk infak, sedekah dan zakat fitrah.

Gubernur menegaskan lagi bahwa "Bazar bukan mempertemukan pedagang dengan pembeli, tapi yang perlu dicatat  adalah pengendalian inflasi. OPD yang bersangkutan juga mengadakan Bazar seperti Dinas Perdagangan dan Perindusrtian, Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Peternakan, bahkan di Dinas Peternakan menjual telur sudah sampai di kantor dengan harga lisk yang telah ditentukan dengan demikian dapat menstabilkan harga.
Gubernur juga berharap kepada kepala Biro Perekonomian untuk mengajak BUMN yang ada untuk lebih banyak mensubsidi harga Sembako dengan memperbanyak kegiatan Bazar. 

Barang yg dijual di lokasi Bazar tidak hanya produksi lokal tapi juga dari luar Sumbar dan juga ada produk luar negeri. Ada pula produk dari seorang anggota TNI yaitu pembersih, bahkan Gubernur  sangat mengapresiasi dan meminta kepada Dinas Perindusrtian dan Perdagangan untuk pemasaran dan kwality control

Irwan Prayitno juga menghimbau kepada ibu-ibu agar lebih baik membeli kue daripada membuat, waktu bisa digunakan untuk ibadah seperti baca AlQuran, i'tikaf dan sebagainya, kepada PNS juga diingatkan dalam menggunakan gaji 13 untuk membeli barang yang betul-betul bermanfaat dan berguna, disamping iitu kepada penyelenggara juga diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kepada Instansi terkait untuk lebih mengembangkan lagi produk-produk di daerah kita, demikian gubernur menutup sambutannya. 

Acara ini juga dihadiri oleh semua kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kepala Perwakilan Bank Indonesia,  perwakilan PT. Semen Padang, Bank Nagari dan Dolog Wilayah Sumbar dan lnstansi terksit lainnya. Demikian laporkan.  ( by. Akral)