Pertanian Modern

Pertanian Modern

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 13 Juni 2017 13:44:27 WIB


Pertanian modern merupakan salah satu terobosan kementrian pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas dan produksi padi dengan memanfaatkan mekanisasi pertanian mulai dari pengolahan tanah hingga panen. Untuk mensosialisasikan pertanian modern ini Provinsi Sumbar mendapat alokasi 100 ha areal sawah yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman.

Selasa , 12 Juni 2017 dilaksanakan Field Day Panen Padi kegiatan Pertanian Modern di Kelompok Tani Harapan Maju Korong Kampuang Rimbo Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan sabaris Kabupaten Padang Pariaman yang dihadiri Kepala BPSB TPH Edyarman, Koramil, dan jajaran pertanian Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan percontohan pertanian modern adalah kegiatan usaha tani yang dilaksanakan dengan sepenuhnya penerapan mekanisasi pertanian dengan pemanfaatan UPJA pada Gapoktan pelaksana. Untuk pengolahan tanah menggunakan Traktor, Penanaman padi dengan Ricetranplanter serta Combine Harvester untuk panen. Diharapkan kedepannya model pertanian modern ini dapat dikembangkan dalam skala luas sehingga permasalahan kurangnya tenaga kerja untuk bercocok tanam khususnya padi dapat diatasi.