Banjir Kota Padang

Banjir Kota Padang

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 02 Juni 2017 14:30:25 WIB


Satpol PP dan Damkar Sumbar, Padang--- Rabu, 31 Mei 2017 Hujan tiada henti dari malam sampai besoknya lagi membuat jalanan banjir dan komplek-komplek perumahan juga banjir. Banjir disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, drainase yang daya tampungnnya terbatas serta karena kota padang berada dibawah permukaan laut, pada saat hujan terjadi pasang sedang naik dan terjadi genangan air. Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul abit yang didampingi Kasat Pol PP dan Damkar Prov. Sumbar Zul aliman, SE, MM  dan BPBD meninjau lokasi bencana banjir di Jondul Rawang, Mata air, Kecamatan Padang Selatan yang diperkirakan pada saat itu ada sekitar 1500 rumah terendam air , untuk itu warga sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah berupa Makanan dan air minum untuk berbuka puasa.

Wagub beserta rombongan menaiki perahu karet menuju lokasi banjir, ditengah genangan banjir Wagub berdialog dengan warga  serta menyapa anak-anak korban banjir di komplek pemukiman jodul rawang mato aia. Wagub memberikan pengertian kepada warga agar tetap menjalani ibadah puasa dan bersabar menghadapi bencana ini , kita akan menyikapi keluhan warga dan akan membantu berupa memberikan makanan dan air bersih.

Banjir terjadi di 24 titik di tujuh kecamatan dan sebanyak 285 orang di evakuasi, curah hujan yang tinggi juga menyebabkan longsor dan pohon tumbang. Longsor terjadi di tiga kawasan yakni menimpa rumah warga RT 02 RW 14 ampalu nan XX  Kelurahan Gates, Kecamatan Lubeg dan jalan raya padang solok, pondok bambu Kelurahan Indaruang Kecamatan Luki. Sementara itu Puluhan warga Kelurahan Mato aia Kecamatan Padang selatan mengungsi karena takut terjadi longsor susulan.