Gubernur Sumbar buka workshop dan advokasi kesejahteraan ibu dan anak

Gubernur Sumbar buka workshop dan advokasi kesejahteraan ibu dan anak

Berita Utama () 27 April 2017 15:53:20 WIB


PADANG – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membuka kegiatan workshop kesejahteraan ibu dan anak di LPMP UNP Padang, Kamis sore (26/4). Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan bahwa kesejahteraan ibu dan anak menjadi kekuatan dinamis yang harus dikembangkan sejak dini.
“Kesejahteraan ibu dan anak harus dikembangkan secara sistemik dalam pemerintahan daerah dengan menciptakan sumber daya manusia berkualitas di masa depan, yang dimulai dari anak usia dini, untuk itu kita bersama harus mengupayakan semaksimal mungkin agar seluruh kabupaten / kota layak anak sehingga terwujud Sumatera Barat layak anak".
“Ibu menempati posisi sentral dalam pembangunan, meskipun mengalami zaman perubahan peran ibu tidak tergantikan. Dalam sistem alam budaya Minangkabau ibu dinamakan bundo kanduang limpapeh rumah nan gadang, ia diharapkan memiliki figur keteladanan , dalam membangun keluarga, kerabat dan masyarakatnya” lanjut Gubernur.
Kegiatan yang diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi dan Kabupaten Kota serta pengurus forum anak ini akan berlangsung selama dua hari (27-28/4). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terbentuk regulasi/komitmen di Kabupaten/Kota dari berbagai sudut pandang dalam penanganan permasalahan kesejahteraan ibu dan anak.